Suasana kompleks makam mbah bungkul di Surabaya, jawa Timur..
Sumber :
  • tim tvOne - Sandi Irwanto

Legenda Mbah Bungkul dan Sejarah Desa Islam di Surabaya

Minggu, 24 April 2022 - 13:20 WIB

Surabaya, Jawa Timur - Menurut legenda Ki Ageng Mahmuddin atau yang lebih dikenal sebagai Mbah Bungkul merupakan penguasa muslim di salah satu daerah di Surabaya pada abad ke-14 Masehi.  Bagaimana legenda atau folklore, serta prasasti meriwayatkan kisah Mbah Bungkul?

“Tidak ada sumber-sumber tertulis yang bisa dijadikan dasar rekonstruksi sejarah masa hidup Mbah Bungkul, sehingga sumber yang didapat hanya berasal dari tradisi lisan atau legenda,” jelas dosen Departemen Ilmu Sejarah Universitas Airlangga (Unair), Adrian Perkasa, Minggu (24/4/2022).

Menurut Adrian yang merupakan kandidat doktor di Universiteit Leiden Belanda, dalam legenda tidak diketahui dengan jelas bagaimana kisah Mbah Bungkul memeluk islam dan bagaimana ia menyebarkan ajaran islam di Surabaya. Namun diketahui bahwa Mbah Bungkul mengadakan sebuah sayembara untuk mencari menantu dengan melarung buah delima.

”Saat sayembara, akhirnya larung delima itu didapatkan oleh Raden Paku atau Sunan Giri, yang merupakan tokoh Wali Songo paling terkenal,” jelas Adrian. 

Legenda lain juga menyebutkan bahwa Mbah Bungkul berkaitan dengan tokoh Empu Supo yang dalam tradisi legenda dikenal sebagai pembuat pusaka.

“Jika melihat para komunitas Empu pembuat keris dan pusaka yang masih ada saat ini, mereka banyak mengisbatkan ajarannya berasal dari Empu Supo,” terang Adrian. 

Namun hampir seluruh daerah pesisir utara Jawa Timur menyebutkan adanya makam Empu Supo di daerahnya, seperti Lamongan dan Tuban. Sehingga belum jelas kebenaran terkait Mbah Bungkul dan Empu Supo sebagai orang yang sama.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral