Gudeg menjadi kuliner khas Yogyakarta yang dikenal oleh wisatawan.
Sumber :
  • Pixabay

Ini Dia 5 Kuliner Unik dan Khas Kota Yogyakarta yang Wajib Dicoba 

Kamis, 19 Mei 2022 - 16:44 WIB

Yogyakarta, DIY - Kuliner menjadi salah satu yang sering dicari wisatawan ketika berkunjung ke kota wisata. Salah satu kota yang sangat ramai dikunjungi wisatawan ketika berlibur, yaitu Kota Yogyakarta.

Kota Yogyakarta memiliki banyak kuliner unik dan khas. Banyak tempat wisata kuliner tersebar di seluruh kota dan sudah cukup terkenal di benak wisatawan.

Kuliner di kota ini terkenal dengan cita rasa yang manis dan gurih. Beberapa menu kuliner khas Kota Yogyakarta sudah terkenal hingga dijual di berbagai kota, menu seperti Gudeg dan Bakmi Jawa.

Namun masih banyak lagi menu kuliner khas Yogyakarta yang wajib dicoba oleh wisatawan ketika ke Yogyakarta maupun dibawa sebagai buah tangan.
 
Menurut Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, beberapa kuliner khas Yogyakarta ini dapat Anda nikmati ketika wisata ke Yogyakarta, dikutip dari Calendar of Event 2022 Kota Yogyakarta (19/5/2022).

Pertama, tentu wisatawan sudah tidak asing lagi dengan Gudeg. Gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta dengan cita rasa yang manis dan memiliki komponen makanan yang unik. Seperti Krecek, buah nangka muda, juga Manggar. Manggar merupakan Bunga Kelapa atau tangkai mayang kelapa yang masih muda.
 
Gudeg bisa Anda temui di sepanjang Jl. Wijilan yang berada di sebelah Timur Kraton Yogyakarta. Namun saat ini, Gudeg sudah banyak tersebar hampir di setiap sudut kota.
 
Bakmi Jawa atau Mie Jawa sudah banyak dikenal oleh wisatawan. Banyak wisatawan yang ingin mencicipi menu ini dan merasakan cita rasa asli. Bakmi Jawa terdiri dari menu goreng dan rebus yang dimasak dengan bumbu khas.
 
Bakmi dilengkapi dengan telur bebek yang dimasak diatas bara arang diatas tungku. Cara ini menciptakan cita rasa, aroma, dan tekstur bakmi jawa menjadi khas. Kuliner ini menjadi kuliner malam yang wajib Anda coba di Yogyakarta.

Angkringan Yogyakarta juga menjadi kuliner wajib bagi wisatawan. Kuliner yang identik dengan harganya yang murah serta memiliki banyak varian menu yang bisa Anda coba. Menu andalan dari Angkringan yaitu Nasi Kucing. Porsinya yang kecil membuat menu ini disebut demikian.
 
Makanan lainnya yang ditawarkan seperti gorengan, sate usus ayam, sate telur puyuh, kripik dan masih banyak lagi. Berbagai minuman dingin maupun hangat juga tersedia disini. Namun minuman khas Angkringan Yogyakarta adalah Kopi Jos.
 
Kopi Jos adalah kopi tubruk panas yang diberi arang membara. Ketika arang dimasukan ke dalam cangkir, maka akan terdengan suara ‘Joss’ yang berasal dari arang.

Menu berikutnya yaitu Kipo. Makanan yang terbuat dari tepung beras, kelapa, dan gula merah ini menjadi makanan khas Kota Yogyakarta. Kipo memiliki bentuk lonjong dan kecil yang berisi parutan kelapa dan gula merah. Makanan ini dimasak dengan dikukus kemudian dibakar untuk menciptakan aroma dab rasa yang lebih beragam.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral