ilustrasi: jet lag.
Sumber :
  • Pixabay

5 Cara Mengatasi Jet Lag Saat Berada di Luar Negeri

Minggu, 29 Mei 2022 - 19:42 WIB

Kamu pernah jalan-jalan ke luar negeri? Ke sebuah negara dengan zona waktu yang jauh berbeda. Saat itu apakah kamu mengalami masalah tidur atau jet lag, sehingga jam biologis pada tubuh terganggu.

Seperti yang kita ketahui, jam biologis yang dimaksud merupakan sistem pada tubuh yang mengatur kapan harus bangun dan tidur. Biasanya, jet lag yang dialami oleh usia lanjut, membutuhkan waktu yang lebih lama untuk pulih dibanding kelompok usia lain.

Namun kamu tidak perlu khawatir, jet lag hanya berlangsung sementara dan bukan merupakan kondisi kronis.

Beberapa gejala jet lag yang umum ditemui antara lain gangguan tidur, kelelahan di siang hari, sulit konsentrasi akibat pikiran tidak berfungsi dengan normal, hingga mood juga pencernaan terganggu.

Berikut 5 cara mengatasi jet lag bagi kamu yang hendak bepergian ke luar negeri dengan perbedaan zona waktu yang cukup jauh.

1. Memilih jam penerbangan
Sebaiknya kamu memilih jam penerbangan dengan waktu tiba di tujuan ketika siang atau sore hari. Sampai di tujuan, usahakan untuk terjaga hingga pukul 10 malam waktu setempat. Seandainya kamu merasa ngantuk di siang atau sore harinya, jangan tidur terlalu lama. Ada baiknya untuk tidur kurang dari dua jam.

2. Ubah zona waktu pada jam tangan
Sebelum naik pesawat, coba ubah zona waktu pada jam tanganmu sesuai dengan zona waktu negara tujuan. Ini membantu agar tubuhmu tersugesti bahwa kamu tidak berpindah zona waktu. Dengan begitu, kamu bisa meminimalisir efek jet lag.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral