Pengunjung Camping di Camping Ground Wisata Air Terjun Tadah Hujan, Pegunungan Kendeng Pati..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Camping Asyik Sambil Menikmati Air Terjun Tadah Hujan di Pegunungan Kendeng Pati

Sabtu, 11 Juni 2022 - 15:02 WIB

Pati, Jawa Tengah - Pegunungan Kendeng Utara di daerah Pati selatan menyimpan potensi wisata yang menawarkan keindahan alam. Salah satunya adalah wisata air terjun tadah hujan yang berlokasi di Desa Sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Air terjun tadah hujan memiliki ketinggian 70 meter. Objek wisata ini dikelilingi tebing di sebelah kanan dan kirinya dengan pepohonan yang rindang sehingga terlihat hijau dan terasa menyatu dengan alam ketika wisatawan mengunjungi air terjun.

Pohon-pohon di sekitar membuat terasa lebih sejuk, sehingga menciptakan nuansa tenang, segar dan romantis.

Sayangnya, air terjun tadah hujan ini masih sangat jarang wisatawan yang mengetahuinya padahal air terjun ini memiliki pemandangan yang indah. Karena air terjun ini masuk ke pedalaman. Hanya wisatawan yang suka blusukan saja yang mengetahuinya.

Untuk menuju wisata air terjun tadah hujan ini cukup mudah, berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Pati. Rutenya dari alun-alun Pati ke arah selatan atau melewati jalan raya Pati-Purwodadi. Sampai di Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, dari Pasar Sukolilo naik ke atas mengikuti jalan menuju Purwodadi sekitar 200 meter nanti ada gang kiri jalan. Dari sana pengunjung tinggal lurus mengikuti jalan perkampungan sampai mentok.

Untuk masuk ke area ini, pengunjung harus membayar tiket masuk atau karcis Rp 5 ribu. Di tempat ini disediakan kafe, saat malam Minggu pengelola biasanya menghadirkan hiburan live music. Saat malam pengunjung bisa melihat suasana kota Pati dan sekitarnya. Lampu rumah-rumah dan lampu kendaraan terlihat kerlap-kerlip dari atas tempat ini.

Di bagian ujung, pengelola menyediakan area untuk camping ground, menghadap langsung ke arah Pegunungan Muria. Saat cuaca cerah pengunjung akan melihat pemandangan yang indah berupa landscape pegunungan dan pemandangan desa-desa di daerah Pati selatan. Apalagi saat sore hari, semburat warna kuning akan menghiasi langit dan terasa meneduhkan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral