Salah satu tempat penjualan souvenir di Labuan Bajo.
Sumber :
  • Vera Bahali

Pedagang Souvenir di Pulau Komodo Labuan Bajo mulai Manfaatkan Sistem Pembayaran QRIS

Rabu, 15 Juni 2022 - 10:18 WIB

Labuan Bajo, NTT – Potensi pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya di Labuan Bajo yang dikenal dengan Pulau Komodo serta keindahan alam dan gugusan pulau pulau nan eksotik lainnya, semakin berkembang.

Kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara yang semakin meningkat setiap harinya, membuat warga Lokal di Pulau Komodo memanfaatkan berjualan souvenir atau oleh-oleh.

Aneka ragam kain tenun ikat asli NTT, baju, pahatan kayu berbentuk komodo, aksesoris dari mutiara seperti gelang, kalung, cincin dan berbagai souvenir lainnya dijajakan para pedagang.

Kini, untuk memudahkan konsumen yang juga mayoritas dari mancanegara, pedagang yang juga pelaku UMKM menawarkan sistem pembayaran non-tunai dengan QRIS.

Salah seorang pedagang aksesoris menuturkan, dirinya banyak mendapatkan manfaat dari pembayaran non tunai.

“Banyak yang dimudahkan yakni wisatawan bisa langsung belanja tanpa bawa uang tunai,” jelas Yuri (34) pedagang souvenir di Labuan Bajo.

Penggunaan QRIS sendiri digalakkan oleh Bank Indonesia karena dapat mendorong kemajuan sektor pariwisata khususnya bagi pelaku UMKM. Ini juga bisa mempercepat akses keuangan sehingga memperluas inklusi keuangan. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral