Lemang.
Sumber :
  • Tim tvOne/Aqmarul Akhyar

Lemang Khas Tebingtinggi Ternyata Berasal Dari Minangkabau, Begini Ceritanya

Senin, 20 Juni 2022 - 14:32 WIB

Tebingtinggi, Sumatera Utara - Namun, Lemang yang kerap dikenal sebagai ikon kuliner Tebingtinggi itu, ternyata berasal dari ranah Minangkabau, Sumatera Barat. Hal tersebut diceritakan satu di antara Pedagang Lemang di kota Tebingtinggi Gita, pada reporter tvOnenews.com, Senin (20/6/2022).

"Kalau cerita dari nenek saya, makanan lemang yang dikenal khas Tebingtinggi ini, mulanya berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat (Sumbar)," ujar Gita.

Hal itu ia katakan, karena pada zaman dahulu, leluhur para pedagang Lemang di Tebingtinggi berasal dari ranah Minangkabau, yakni Kota Pariaman.

"Jadi, mereka (leluhur) merantau dari Minangkabau ke Tebingtinggi, lalu berdagang lemang di Jalan Tjong A Fie dengan menggunakan meja sebagai tempat pajangan lemangnya," ucapnya.

Ia juga mengungkapkan, kuliner yang berbahan dasar ketan tersebut, sudah menjadi kuliner populer di Tebingtinggi sejak tahun 1950-an hingga saat ini. Meskipun, saat ini roti kacang sebagai pesaingnya.

"Saat ini Lemang masih eksis, karena Lemang masih menjadi menu andalan bila saat lebaran Idul Fitri dan Natal hingga hari-hari besar lainnya. Bahkan, masih menjadi makanan andalan sebagai buah tangan atau oleh-oleh bagi turis lokal," ujarnya.

Kemudian, ia juga membeberkan, bahwa para pembeli Lemang, biasanya suka menyantap Lemang dengan keadaan hangat serta dilumuri srikaya,  tape dan durian. Selain itu, ia katakan, Lemang juga sering disantap di pagi hari sebagai menu sarapan atau cemilan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral