Menara Masjid Kudus.
Sumber :
  • via laman Kemndikbud

5 Rekomendasi Wisata di Kudus, dari Wisata Alam Hingga Religi

Kamis, 30 Juni 2022 - 12:11 WIB

Kudus, Jawa Tengah - Kabupaten Kudus merupakan salah satu daerah yang menjadi pusat kebudayaan Islam Jawa, khususnya di era Wali Songo.

Tak heran jika beberapa tempat wisata di Kudus merupakan wisata sejarah religi. Namun bukan hanya wisata religi, Kabupaten Kudus juga menyimpan pesona alam yang indah. 
Dilansir dari beberapa sumber, berikut 5 rekomendasi tempat wisata di Kudus yang menarik untuk kamu kunjungi.

1. Masjid Menara Kudus

Objek wisata ini merupakan wisata sejarah sekaligus religi. Masjid Menara Kudus menjadi salah satu bukti dari proses penyebaran agama Islam di Jawa. Masjid ini termasuk peninggalan sejarah islam nusantara yang arsitektur bangunannya cukup unik.

Desain bangunan masjid Menara Kudus ini memadukan kebudayaan Hindu dan budaya Islam. Terlihat dari bangunan masjid yang memiliki menara besar berbentuk candi. Inilah yang menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke masjid ini.

Di dalam kawasan masjid juga terdapat sebuah kolam yang menjadi tempat berwudhu. Kolam tersebut berbentuk “padasan” dan merupakan peninggalan dari zaman purba. 

Kemudian di serambi bagian depan ada pintu yang sering disebut sebagai lawang kembar oleh masyarakat setempat. Gapura ini kabarnya merupakan peninggalan atau bekas dari kerajaan Majapahit.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
15:34
06:55
12:57
01:51
06:48
09:30
Viral