Pameran “Indonesia Month”.
Sumber :
  • Tim tvOne/Miranti Hirschmann

Pameran “Indonesia Month” Diadakan di Belgia Selama September, Menampilkan Reog Ponorogo hingga Tari Sajojo

Selasa, 13 September 2022 - 20:50 WIB

Jakarta - KBRI Brussel menyelenggarakan pagelaran budaya di alun alun Plasa Perpustakaan Oostende (10/9/2022). Bekerja sama dengan Pemerintah kabupaten Ponorogo, dengan menghadirkan pementasan Reog Ponorogo di 2 kota yaitu Oostende dan Brussel.

Aksi pementasan Reog Ponorogo yang dinamis berhasil menarik minat sekitar 300 warga Oostende yang memadati alun alun di halaman perpustakaan tersebut. Aksi Singo Barong terus mengundang decak kagum dan tepuk tangan penonton.  Diawali dengan tarian oleh warok dan jathilan, ramainya musik khas Reog terus mengundang kehadiran warga yang semakin menyemarakkan suasana.

Keberadaan Kelompok Reog Ponorogo ini merupakan bagian dari pementasan tour Eropa ke  Belanda (Den Haag), Belgia (Ostende, Brussel), Perancis (Paris) dan Jerman (Frankfurt). Kelompok ini merupakan gabungan 14 sanggar Reog kabupaten Ponorogo, Jawa Timur.

Selain Reog, KBRI juga menampilkan ragam budaya dari Diaspora Indonesia mulai dari tampilan angklung hingga tari-tarian nasional seperti Tari Merak, Tari Belibis dan Tari Sajojo.

Pameran “De Schat van Indonesië” menampilkan benda-benda budaya yang merupakan koleksi para warga Belgia.

Setiap benda unik itu disebutkan memiliki kisahnya masing-masing dan menggambarkan kecintaan para pemiliknya terhadap Indonesia.

Salah satunya, tenun ikat milik Inge de Lauthawer yang ia peroleh dari Sumba. Inge sendiri adalah Yayasan Sumba Foundation yang bergerak di bidang penguatan kapasitas siswa bidang pariwisata.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral