Makin Mendunia, Masakan Padang Miliki Sejarah dan Cita Rasa yang Khas.
Sumber :
  • Istimewa

Makin Mendunia, Masakan Padang Miliki Sejarah dan Cita Rasa yang Khas

Selasa, 15 November 2022 - 10:20 WIB

Jakarta - Istilah masakan Padang atau yang biasa juga disebut dengan masakan Minang seolah sudah tak asing lagi dari telinga orang Indonesia. Penamaan masakan Padang ini merupakan istilah untuk menyebut berbagai jenis warisan kuliner yang berasal dari wilayah Minangkabau, Sumatera Barat. Jenis-jenis makanan yang khas dari Minangkabau seringkali lebih populer disebut dengan sebutan masakan Padang.

Walaupun begitu, sebenarnya berbagai resep masakan yang berasal dari Sumatera Barat tidak keseluruhan berasal dari kota Padang, akan tetapi ada yang berasal dari kota-kota lain disekitarnya. Diantaranya adalah seperti kota Payakumbuh, Padang Pariaman, Solok, hingga Bukittinggi dan masih banyak lagi.

Daerah-daerah tersebut dikenal dengan tradisi kulinernya yang kaya dengan berbagai macam resep, sehingga memiliki banyak jenis masakan. Jenis-jenis menu masakan Padang diantaranya adalah seperti Rendang, Samba Buruak, Garang Asem Padang, Dendeng Balado, Gulai Itiak, Asam Padeh Tongkol, Gulai Tunjang, Gajeboh, Kapau dan masih banyak lagi.

Masakan Padang merupakan jenis makanan yang cocok untuk dihidangkan kapan saja dan dimana saja. Sejak dahulu, masakan Padang telah melegenda dengan cita rasanya yang khas dan lezat. Kemudian karena banyak orang Minang yang merantau ke luar daerah Minangkabau, masakan Padang menjadi dikenal hingga luar daerah bahkan seantero Indonesia.

Tak hanya disitu saja, masakan Padang juga telah melanglang buana hingga terkenal ke Amerika Serikat, Australia, Malaysia, Qatar, hingga Tiongkok. Bahkan, pada tahun 2011 salah satu masakan Padang yakni Rendang dinobatkan sebagai peringkat pertama makanan terenak di dunia dalam World’s 50 Most Delicious Foods versi CNN International.

Rendang terus bertahan pada peringkat pertama delapan kali berturut-turut hingga tahun 2019. Selain itu, pada tahun 2018 lalu Rendang telah secara resmi juga ditetapkan sebagai satu dari lima kuliner nasional di Indonesia. Meskipun terkenal akan rasanya yang lezat, cara memasak masakan Padang disebut cukup rumit serta beberapa menu membutuhkan bahan-bahan yang terbatas bahkan terkadang sulit untuk didapatkan.

Meskipun resep masakan Padang telah diajarkan turun-temurun hingga banyak orang yang bisa memasaknya, namun ciri khas dari setiap tangan yang masak akan memiliki cita rasa yang berbeda pula. Hal inilah yang membedakan tingkat kelezatan dari masakan Padang yang dimasak oleh setiap orang menjadi berbeda-beda.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral