Jembatan ampera.
Sumber :
  • iStockPhoto/david sutarto

6 Tempat Wisata di Palembang yang Kekinian dan Instagramable, Wajib Banget Buat Dikunjungi!

Kamis, 1 Desember 2022 - 13:52 WIB

tvOnenews.com, Travel - Palembang menjadi destinasi wisata yang memiliki ragam kulinernya yang nikmat. Namun, tidak hanya wisata kuliner, tempat wisata di Palembang juga menyajikan beragam pemandangan yang memanjakan mata.

Kamu bisa mengunjungi berbagai jenis tempat wisata di Palembang. Mulai dari wisata sejarah, wisata alam hingga wisata warisan budaya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut rekomendasi 6 tempat wisata di Palembang yang memiliki view instagramable.

1. Jembatan Ampera 


img: Pixabay/novian novians

Objek wisata yang satu ini tentu sudah sangat familiar, sebab Jembatan Ampera merupakan ikon yang paling terkenal dan merupakan kebanggaan dari bumi Sriwijaya.

Ketika melancong ke Kota Palembang, kamu wajib mengunjungi objek wisata ini. Selain pemandangannya yang mempesona, jembatan ini juga pernah menyandang gelar jembatan terpanjang di Asia Tenggara.

Jembatan Ampera memiliki panjangnya lebih dari 1000 meter, dengan lebar 22 meter, dan tinggi 63 meter.

Pada tahun 2018, Jembatan ini mendapat pembaharuan dengan menambahkan dua jam analog ukuran besar di kedua menara.

Buat kamu yang tertarik mengunjunginya, akan lebih indah ketika malam hari. Semakin apik untuk mengabadikan momen dengan latar gemerlap lampu yang menghiasi Jembatan tersebut.

2. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin


img: Tripadvisor

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin merupakan objek wisata religius yang berlokasi di Jalan Jend. Sudirman, Bukit Kecil, Kota Palembang.

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin berdiri pada tahun 1748 dengan paduan arsitektur Palembang, Tionghoa, dan Eropa. Masjid ini merupakan peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam sekaligus menjadi masjid terbesar di Palembang.

Kisah menariknya adalah, masjid ini menjadi saksi bisu perjuangan masyarakat melawan penjajahan Belanda.

3. Pulau Kemaro 


img: South Sumatra Tourism

Rekomendasi tempat wisata di Palembang berikutnya adalah Pulau Kemaro yang berada di tengah Sungai Musi.

Diketahui, pulau ini terbentuk dari proses alami dimana tanah dan lumpur yang terkumpul di muara sungai kemudian membentuk pulau. Kamu bisa mengunjungi situs sejarah seperti Pagoda berlantai 9, Klenteng Hok Tjing Rio, pohon cinta, hingga makam penunggu pulau.

Untuk pengalaman terbaik, cobalah untuk mengunjungi pulau ini pada saat perayaan Cap Go Meh atau 15 hari pasca tahun baru imlek.

Kamu akan menyaksikan pegelaran menarik dalam memeriahkan Cap Go meh seperti Barongsai, Wayang Potehi, drama dan pertunjukan musik. 

4. Masjid Cheng Ho 


img: Umma ID

Selain Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin, objek wisata religi lainnya yang bisa kamu kunjungi di Palembang adalah Masjid Cheng Ho.

Masjid yang memiliki nama lengkap Masjid Al Islam Muhammad Cheng Ho ini lokasinya berada di Jalan Pangeran Ratu Perumahan TOP Atlit, Kelurahan 15 Ulu, Seberang Ulu I, Kota Palembang.

Objek wisata ini cukup unik dengan arsitektur bangunan yang memadukan budaya Palembang, Arab dan Tionghoa. Nuansa warna bangunannya didominasi warna khas hijau dan merah.

Di sini kamu bisa menikmati pemandangan dan mengabadikan momen dengan latar masjid yang memiliki konsep yang unik. Selain itu, kamu bisa mengunjungi masjid Cheng Ho ini tanpa perlu membayar biaya masuk.

5. Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya


img: Wikipedia

Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya adalah objek wisata yang berasal dari peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Lokasinya berada di tepian Sungai Musi, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Gandus.

Di Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya ini, kamu bisa menambah wawasan dengan melihat-lihat berbagai artefak yang dilengkapi dengan informasi pendukung.

Selain itu, ada juga objek lain seperti pulau buatan, taman rumput, hingga replika kapal Laksamana Cheng Ho yang bisa kamu jadikan latar untuk mendokumentasikan momen berfoto.

6. Sekanak Sidewalk


img: Facebook/Pesona Sriwijaya

Objek wisata Sekanak Sidewalk menjadi objek yang cukup populer bagi masyarakat Palembang, khususnya para millenials.

Berlokasi di Talang Semut, Bukit Kecil, Palembang, objek wisata ini tergolong baru karena pembangunannya untuk mempersiapkan Asian Games 2018 di Palembang.

Sekanak Sidewalk menjadi salah satu objek kekinian yang dihiasi sedemikian rupa dengan cat berwarna-warni sehingga tempat ini cocok sebagai untuk mengabadikan momen foto Instagramable. (Mzn)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:58
05:09
02:18
09:09
06:21
05:05
Viral