Pemukiman di danau Sentarum.
Sumber :
  • viva.co.id

Festival Danau Sentarum, Bentuk Indah Wujudkan Potensi Wisata dan Memperkenalkan UMKM di Wilayah Perbatasan Indonesia

Minggu, 4 Desember 2022 - 03:38 WIB

Kalbar - Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat (Kalbar) Fransiskus Diaan mengatakan pelaksanaan Festival Danau Sentarum tidak hanya mempromosikan potensi wisata alam, tetapi membangkitkan juga produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) masyarakat daerah perbatasan Indonesia dan Malaysia.

"Rata-rata yang ada di stan pameran merupakan produk UMKM, itu menunjukkan geliat ekonomi masyarakat meningkat," kata Fransiskus Diaan, di Putussibau Kapuas Hulu, Sabtu (03/12/2022).

Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat (Kalbar) Fransiskus Diaan mengatakan pelaksanaan Festival Danau Sentarum tidak hanya mempromosikan potensi wisata alam,

Festival Danau Sentarum diselenggarakan pada  1 hingga 4 Desember 2022, dipusatkan di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Ada pun beberapa produk UMKM tersebut, kata dia, diantaranya kerajinan tangan seperti tenun, ukiran manik, dan pernak-pernik yang terbuat dari manik, serta sejumlah produk unggulan masyarakat yaitu madu hutan dan hasil olahan ikan.

Menurutnya, potensi produk UMKM tersebut harus terus digali dan dikembangkan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di tengah masyarakat.

"Kapuas Hulu itu kaya akan sumber daya alam, wisata alam, serta kearifan lokal adat istiadat serta budaya yang dapat menjadi daya tarik orang luar berkunjung ke Kapuas Hulu," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:59
02:00
01:32
25:54
04:20
02:33
Viral