Lokomotif Uap Mak Itam dioperasikan.
Sumber :
  • Tim Tvone/ Beni Roska

Hore! Lokomotif Uap Mak Itam Kembali Dioperasikan, Pariwisata Sawahlunto Bakal Bangkit

Rabu, 21 Desember 2022 - 08:59 WIB

Sawahlunto, Sumatera Barat - Manteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Erick Thohir meresmikan pengoperasian Lokomotif Uap Mak Itam di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat (Sumbar). Peresmian tersebut ditandai dengan pelepasan perdana Mak Itam oleh Menteri BUMN RI itu di Stasiun Sawahlunto, Selasa (20/12/2022).

Lokomotif Uap Mak Itam dijadikan sebagai kereta api wisata yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Sawahlunto. Erick Thohir menjelaskan, pariwisata merupakan sektor tercepat dalam menumbuhkan ekonomi Indonesia.

"Meski demikian, saat ini ada perbedaan pelayanan bagi wisatawan lokal dan asing, terkadang pelayanan wisatawan lokal seperti dinomorduakan," ungkap Erick Thohir dalam sambutannya.

Ia menjelaskan, padahal wisatawan lokal menyumbang lebih banyak pemasukan bagi industri pariwisata, yaitu 70 persen atau senilai Rp1,4 triliun. Sedangkan, wisatawan asing hanya 30 persen atau senilai Rp300 miliar. "Paradigma itu yang harus kita ubah, saat ini di Sawahlunto dengan diresmikannya Lokomotif Uap Mak Itam ini," ujar Menteri BUMN RI itu.

Dikatakannya, pengoperasian Mak Itam merupakan kebangkitan pariwisata Kota Sawahlunto sekaligus Sumbar. "Kami berharap kepada seluruh kepala daerah yang ada di Sumbar untuk membangun ekosistem pariwisata yang saling menopang satu sama lain," pintanya.

Kata Menteri BUMN RI itu, dengan terbentuknya ekosistem tersebut nantinya pariwisata di Sumbar akan lebih meningkat dan lebih banyak mendatangkan wisatawan. Selain itu, ia juga meminta kepada kepala daerah untuk melibatkan seluruh masyarakat daerah tersebut.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral