Wisatawan asing tengah menikmati sajian kuliner di Kampung Prawirotaman, Rabu (28/12/2022)..
Sumber :
  • Tim tvOne - Nuryanto

Libur Akhir Tahun, Kampung Bule Prawirotaman Yogyakarta Diserbu Wisatawan, Nikmati Beragam Kuliner Khas

Rabu, 28 Desember 2022 - 21:40 WIB

Yogyakarta, DIY - Jelang perayaan tahun baru, kampung Prawirotaman di Kota Yogyakarta yang juga dikenal sebagai kampung bule, mulai dipadati wisatawan baik domestik maupun asing.

Dari pantauam pada Rabu (28/12/2022) arus lalu lintas di Kampung Prawirotaman mulai dipadati kendaraan luar Kota Yogyakarta. Selain itu banyak wisatawan baik domestik maupun asing melakukan aktivitas berjalan-jalan menyusuri Kampung Prawirotaman.

Selain bisa mendapatkan tempat menginap yang low budget, kawasan Kampung Prawirotaman juga dikenal dengan beragam kuliner lokal.

Wisatawan terutama bule atau turis asing makin memadati kawasan kuliner Kampung Prawirotaman. Kawasan ini memang menjadi pusat penginapan terutama bagi turis asing.

Beragam kuliner khas Jawa, masih bisa dijumpai diantaranya Nasi Pecel khas Madiun dan Tradisional Salad di sepanjang Jalan Prawirotaman Yogyakarta ini.

" Disini menu kita siapkan kuliner sehat berbahan lokal, dengam racikan nasi pecel, sayur mayur produk lokal, juga dilenglapi serundeng, irisan tempe orek, bumbu khas Madiun, dengan racikan kita kemas dengan wajan beralaskan daun pisang," ujar Nettha Duru, salah satu pemilik usaha kuliner.

Tak hanya wisatawan lokal, kuliner ljas Jawa ini juga menarik minat wisatawan mancanegara. Mereka merasa kuliner khas nasi pecel mirip dengan salad di negara mereka.

" Kuliner nasi pecel kami memang dengan bumbu khas turun temurun. Ini bumbu dari asli Madiun. Peminatnya justru banyak dari wisatawan bule, kita meningkat peminatnya hingga 50 persen. Kita siap menyambut tahun baru dengan kuliner lokal," jelasnya.

Selain menjadi pusat kuliner, kawasan kampung Prawirotaman juga menyuguhkan banyak kafe yang akan menampilkan live musik, hingga pentas hiburan lainnya.

Salah satu wisatawan, Iswi, asal Kerawang, menyebutkan dirinya bersama keluarganya menikmati wisata jelang Tahun Baru di Yogyakarta. Ia kemudian mampir ke Kawasan Prawirotaman untuk menikmati beragam kuliner khasnya seperti Nasi Pecel tersebut.

"Dasyhat banget rasanya. Saya memang sudah kangen dengan menu menu seperti ini. Nasi pecel salah satu menu favorit saya kalo ke Prawirotaman," jelasnya.

Erna, wisatawan asal Palembang juga merasakan kerinduan akan kehangatan Yogyakarta. Ia selalu mampir di Yogyakarta setiap libur panjang seperti Nataru tahun ini.

"Semua yang di Yogyakarta ini selalu menyisakan kerinduan buat saya. Saya ajak temen temen dari Palembang buat menikmati suasan Yogyakarta sekaligus kuliner khas Nasi Pecel ini. Pokoknya belum ke Yogya kalau belum mampir di Prawirotaman" ungkap Erna.

Bersama rekan-rekannya, ia tak hanya menikmati suasana di kampung Prawirotaman, namun memilih melihat dan menikmati pantai-pantai di Yogyakarta seperti Parangkusumo, Parangtritis serta pantai di Gunungkidul Yogyakarta.

Para pengelola kuliner di Kampung Prawirotaman juga berharap Tahun Baru membawa berkah tersendiri setelah pandemi Covid 19. Geliat parwisata di Yogyakarta pun kembali berdenyut termasuk di sepanjang Prawirotaman. (Nur/Buz)

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:33
02:33
01:15
01:45
08:58
01:43
Viral