Penjual nasi kebuli tengah menyiapkan lapaknya..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Berburu Nasi Kebuli Semarang, Citarasa Timur Tengahnya Masih Otentik

Jumat, 20 Januari 2023 - 10:17 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Kota Semarang merupakan satu dari sekian banyak tempat yang dulu disinggahi para saudagar dari Timur Tengah, termasuk bangsa Arab tentu saja. Sampai sekarang jejak sejarahnya masih kental terasa. Antara lain adalah kuliner khasnya. 

Nasi kebuli menjadi sajian yang sangat otentik dengan khasanah kuliner khas Arab. Di Kota Semarang, nasi kebuli dapat ditemui di daerah tertentu yang lekat dengan pemukiman warga keturunan Arab dan Gujarat.

Seperti Kampung Petek, Kampung Kauman, atau Kampung Pekojan. Maka kalau mau berburu sajian nasi kebuli maupun menu khas Arab dan Timur Tengah lainnya bisa datang ke sini.

Yang cukup populer adalah Warung Nasi Kebuli Bu Aminah di Kampung Petek Semarang Utara. Juga beberapa warung nasi kebuli yang ada di gang sebelah Masjid Kauman Semarang. Sedangkan yang agak nyelempit ada di Kampung Pekojan, khususnya di daerah Kampung Bustaman.

Foto: Seporsi nasi kebuli Semarang (Teguh Joko)

Warung Nasi Kebuli Bu Aminah tak hanya menjual nasi kebuli. Tapi juga nasi tomat yang khas Arab. Menurut Bilqis, anak dari Bu Aminah, di Kampung Petek nasi kebuli sudah turun temurun dari kakeknya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
00:54
07:59
02:28
01:48
05:44
Viral