Mangut bandeng panggang tanpa duri..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Nikmatnya Mangut Bandeng Panggang Tanpa Duri Khas Pesisir Pati

Senin, 13 Februari 2023 - 09:31 WIB

Pati, Jawa Tengah - Selain nasi gandul, tempe pedas dan mangut kepala manyung, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, juga memiliki kuliner khas yang tak kalah lezatnya. Mangut bandeng panggang namanya. Kuliner ini merupakan variasi lain dari mangut kepala manyung. Seperti apa lezatnya mangut bandeng panggang ini?

Potensi bandeng yang melimpah di Kabupaten Pati, Jawa Tengah, dimanfaatkan warga sekitar dengan mengolahnya menjadi aneka olahan kuliner berbahan ikan bandeng.

Seperti yang dilakukan oleh Hana Tri Wahyuni, pemilik warung makan olahan serba bandeng yang ada di jalan Ahmad Yani, Desa Winong, Kecamatan Pati Kota, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, yang mengolah ikan bandeng menjadi menu kuliner mangut bandeng panggang.

Jika biasanya mangut menggunakan bahan kepala ikan manyung, oleh Hana Tri Wahyuni, menu kuliner khas pesisir ini diganti ikan bandeng yang memiliki tekstur daging berbeda.

Selain menggunakan bumbu rempah rempah yang khas, mangut bandeng panggang ini tanpa duri. Karena ikan bandeng sebelum di masak menjadi mangut bandeng panggang, dicabuti durinya terlebih dahulu sehingga penikmatnya tidak akan kawatir duri tersangkut ditenggorokan saat makan mangut bandeng panggang ini.

Cara memasak mangut bandeng panggang ini sama dengan mangut ikan manyung atau lele, termasuk bumbu bumbunya juga sama. 

Bahan dan bumbunya adalah ikan bandeng tanpa duri yang sudah dipanggang, cabai merah, cabai hijau, cabai rawit, bawang merah dan putih, ketumbar, kunyit, daun salam, daun jeruk dan merica serta bumbu pelengkap lainnya. Dan jangan lupa santan kelapa yang akan semakin membuat gurih rasa bandengnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:38
03:09
10:13
04:52
03:06
01:24
Viral