Ilustrasi.
Sumber :
  • (Pixabay)/Elina Fairytale

Pola Asuh yang Tepat Kunci Pembentukan Karakter Anak, Apa Saja Polanya?

Senin, 27 Februari 2023 - 13:58 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Pola asuh yang tepat dapat menjadi kunci utama dalam pembentukan karakter positif pada diri anak. Mengingat, pola asuh yang tepat tumbuh dan berkembang anak akan mengoptimalkan.

"Orang tua perlu menerapkan pola asuh yang tepat, yakni pola asuh yang sesuai dengan kepribadian anak," kata Psikolog keluarga Ketti Murtini ketika dihubungi dari Jakarta, Senin. 

Dalam ilmu psikologi, Ketti Murtini, Psikolog dari Himpunan Psikologi Indonesia (Himpsi) Jawa Tengah Cabang Barlingmascakeb menambahkan, bahwa dalam perspektif psikologi dikenal tiga konsep utama pola asuh.

"Tiga konsep tersebut antara lain pola asuh otoriter, pola asuh demokrasi dan pola asuh permisif," katanya.

Ketti menambahkan, pola asuh demokrasi merupakan konsep yang paling ideal karena seimbang antara permintaan dan respons orang tua terhadap anak.

"Namun demikian, meskipun pola asuh demokrasi adalah konsep yang paling ideal namun sebenarnya kunci utama dalam pola asuh adalah yang sesuai dengan kepribadian anak," katanya.

Selain itu, rasa nyaman dan aman juga penting dihadirkan dalam pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Jika hal tersebut terpenuhi akan berdanpak pada kematangan seorang anak.

"Rasa nyaman dan aman ini sangat dibutuhkan karena akan membuat kepribadian anak bisa menjadi matang sesuai usianya, karena itu orang tua perlu menerapkan pola asuh sesuai dengan kepribadian anak," katanya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
13:32
06:34
05:09
01:34
02:08
01:24
Viral