Sate daging kalkun, menu pilihan untuk berbuka puasa..
Sumber :
  • Tim tvOne - Galih Manunggal

Lezatnya Sate Daging Kalkun, Menu Pilihan untuk Berbuka Puasa

Rabu, 5 April 2023 - 10:45 WIB

Kudus, tvOnenews.com - Bagi Anda penyuka kuliner sate namun bosan dengan sate ayam atau sate kambing yang sudah biasa?

Nah, di Desa Undaan tengah, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ada menu unik yang patut dicoba, yakni sate daging kalkun. Di bulan Ramadhan sate daging kalkun menjadi favorit untuk santapan berbuka puasa.

Desa Undaan Tengah, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, kini dikenal dengan kampung kalkun, karena sebagian warganya beternak dan membudidayakan hewan berjenis unggas tersebut.

Awan Binuko, misalnya, usai mampu beternak kalkun, kini ia berinovasi dengan membuka kedai kuliner beraneka menu masakan berbahan dasar daging kalkun. Salah satunya sate kalkun.

Menurut awan binuko, menu sate kalkun hampir sama dengan sate yang pada umumnya. Hanya saja, tekstur dagingnya lebih tebal namun tetap empuk saat disantap.

“Cara memasaknya sama seperti sate lainnya, dibakar di atas bara api hingga matang kemudian dilumuri bumbu dan kecap terlebih dahulu. Nah, yang membedakan di sini adalah cara penyajiannya, yaitu dengan menggunakan alas daun pisang yang semakin menambah aroma sedap sate kalkunnya,” terang Awan saat dijumpai di kedai Ratu Pecak miliknya di Desa Undaan Tengah Gang 14.

Awan menambahkan, memilih menu kalkun karena selain mudah didapat di kampungnya, dirinya juga ingin mempopulerkan masakan kalkun yang kini masih jarang dijumpai.

Selain itu, ternyata daging kalkun juga kaya manfaat salah satunya menurunkan kolesterol serta menjaga daya tahan tubuh.

“Kalkun yang dipilih untuk bahan menu sate adalah kalkun yang muda biar dagingnya empuk dan nikmat. Kalau pelanggan sate kalkun sendiri datang dari berbagai daerah dari lokal Kudus hingga Jakarta,” imbuh Awan.

Sementara, salah satu pelanggan mengatakan, baru pertama kali mencicipi sate kalkun. Menurutnya, Kuliner yang satu ini lebih nikmat dibanding sate kebanyakan.
 

“Baru pertama kali nyoba. Ternyata rasanya enak, dagingnya empuk tapi rasanya seperti sate kambing, lebih enak ini malahan,” ujar Eka Fajar Septiawan, penikmat kuliner sate kalkun.

Harga satu porsi sate kalkun hanya Rp 28 ribu saja. Cukup ramah dikantong bukan? Lebih syahdu lagi menikmatinya di kedai yang bernuansa pedesaan dengan bermacam perabotan tempo dulu.

Selain menu sate kalkun, di kedai ini juga menyediakan menu berbahan daging kalkun lainnya seperti tongseng kalkun, rica-rica kalkun, kalkun bakar, kalkun goreng, pecak kalkun dan lainnya. Bagaimana Anda tertarik? (Gml/Dan)

 

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:07
10:35
15:44
01:26
01:56
06:26
Viral