Gerhana Matahari Hybrida.
Sumber :
  • Istimewa

Fenomena Alam Gerhana Matahari Hybrida 20 April 2023, Ini Lokasi Terbaik untuk Menikmatinya

Rabu, 12 April 2023 - 10:27 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Fenomena alam gerhana matahari total atau gerhana matahari hybrida akan terjadi pada 20 April 2023 mendatang dan bertepatan bulan suci Ramadhan.

Menurut Deputi Bidang Geofisika, BMKG Suko Prayitno Adi di Jakarta, Senin (12/4/2023) kemarin mengatakan, jika fenomena gerhana matahari pada 20 April 2023 mendatanag merupakan gerhana matahari hibrid, yakni peristiwa gerhana matahari total dan cincin yang terjadi secara berurutan dalam satu fenomena gerhana.

Ia menjelaskan, fenomena alam gerhana matahari hibrid terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat segaris sehingga di suatu tempat tertentu terjadi peristiwa piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil daripada piringan matahari dan tempat tertentu lainnya terjadi peristiwa piringan bulan yang teramati dari bumi sama dengan piringan matahari.

"Fenomena alam gerhana matahari hibrid relatif terjadi cukup langka," ujarnya.

 


                                                     Ilustrasi Gerhana Matahari

 

Oleh karenanya, saat puncak gerhana matahari di suatu tempat tertentu, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya, sedangkan di tempat tertentu lainnya matahari seakan-akan tertutupi bulan.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:21
13:18
01:24
01:09
02:47
02:23
Viral