Ilustrasi memberi terhadap sesama.
Sumber :
  • Freepik

Menolak Pemberian Suku Dayak Bisa Bikin Kapuhunan Atau Kena Musibah? Influencer ini Jelaskan Fakta Sesungguhnya

Selasa, 23 Mei 2023 - 11:51 WIB

Jakarta, tvOnenews.com – Sama seperti beragam suku lainnya di Indonesia, Suku Dayak juga punya keunikan tersendiri. Salah satu keunikan Suku Dayak terletak dalam mitos-mitos yang berkembang di dalamnya.

Pada masyarakat di luar Suku Dayak muncul mitos bahwa ketika datang ke wilayah Suku Dayak pantang untuk menolak ajakan makan, baik berupa tawaran atau makanan hidangan pada hajatan.

Siapapun wajib untuk memakan suguhan yang diberikan oleh warga Suku Dayak, meskipun hanya sedikit.

Menurut mitos yang berkembang hal ini karena Suku Dayak memiliki pamali atau larangan untuk menolak makanan dari warga setempat.

Bila tidak, konon orang yang menolak ini akan mengalami kapuhunan atau musibah. Terkait dengan mitos ini influencer asli Dayak Onal Majan memberikan tanggapan.

Onal Majan diketahui berasal dari Kenyah, salah satu rumpun Suku Dayak atau yang kerap disebut dengan Suku Dayak Kenyah. Saat ditanyai netizen mengenai apakah boleh menolak jamuan makan dari Suku Dayak, Onal Majan mengatakan sebenarnya diperbolehkan.

“Saya pribadi ketika saya bermain keluar ketika saya ditawarkan makanan atau minuman tapi ketika saya sudah kenyang atau sudah tidak haus lagi, saya tinggal ngomong ‘Oh, terima kasih banyak udah menawarkan saya’ tapi kalau di Kalimantan ketika kamu menolak sama tinggal ngomong,” sebut Onal Majan.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:33
04:25
01:59
07:35
01:16
01:25
Viral