Tradisi Suku Bugis.
Sumber :
  • YouTube Munkar

Tradisi Suku Bugis, Tarian Waria hingga Berkelahi Jadi Penyelesaian Masalah

Rabu, 5 Juli 2023 - 05:40 WIB

Jakarta, tvOnenews.com - Salah satu suku yang juga memiliki berbagai tradisi unik adalah suku di Sulawesi yang merupakan adalah suku terbesar di pulau ini.

Suku yang dimaksud tinggal di kota Bugis itu seperti, Makassar, Luwu, Bone, Wajo, Soppeng, Sidrap, Pinrang, Sinjai, Barru dan lain-lain. 

Tradisi Suku Bugis sangat dalam dan menarik, mulai dari pindah rumah bersama, laki-laki berjuang menyelesaikan masalah, tarian waria, hingga ikrar setia. 

Tentang Siganjang Lelang

Ini adalah tradisi yang diikuti orang Bugis dalam memecahkan masalah. Tradisi ini merupakan perkelahian antara dua laki-laki, tetapi dilakukan dalam kain sarung. 

Tradisi ini dipraktikkan pada masa kerajaan Bugis dan merupakan upaya terakhir untuk memecahkan masalah yang biasa terjadi.

Meski nyawa terancam, orang Bugis tetap punya cara khusus untuk menyelesaikan masalah dengan bijak. Makna filosofisnya mengingatkan kita bahwa mencari solusi terbaik atas suatu masalah biasanya dilakukan melalui musyawarah yang melibatkan kedua belah pihak yang bermasalah dan nasehat adat.  

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
05:59
02:08
01:12
03:01
00:52
02:33
Viral