Ilustrasi malam 1 suro.
Sumber :
  • Freepik

Bakal Datang Sebentar Lagi, ini Mitos Malam 1 Suro yang Masih Dipercaya Masyarakat, Dilarang Keluar Rumah Karena....

Selasa, 18 Juli 2023 - 11:34 WIB

Jakarta, tvOnenews.com – Bagi sebagian masyarakat Jawa, malam 1 suro masih dianggap sebagai salah satu yang cukup sakral.

Satu suro jatuh pada awal bulan pertama Tahun Baru Jawa atau bulan Suro. Meskipun mengacu pada kalender Jawa, namun tanggal 1 Suro sendiri bertepatan dengan tanggal 1 Muharram.

Jadi dapat disimpulkan jika malam 1 Suro bertepatan pada malam hari menjelang tanggal satu Muharram. Bagi masyarakat Jawa, malam 1 suro memiliki beragam kisah mistis dan memiliki makna yang cukup mendalam.

Sebutan malam 1 Suro ini disebut-sebut sudah ada sejak zaman Sultan Agung. Karena itu peringatan malam 1 Suro tidak terlepas dari budaya keraton. Dulunya, momen malam 1 suro ini digunakan untuk melakukan upacara atau ritual yang telah diwariskan secara turun-temurun.

Dilansir dari Tirto.id masyarakat Jawa memiliki beragam tradisi yang dilakukan pada malam 1 suro ini, antara lain tirakat, lelaku, dan perenungan diri. Ada pula kegiatan besar-besaran seperti slametan dan kirab atau iring-iringan.

Mitos yang dipercaya pada di malam 1 Suro

Ada beberapa larangan dan pantangan yang dipercaya oleh masyarakat Jawa pada malam 1 suro. Meskipun zaman sudah berkembang, namun tradisi ini masih terus dilestarikan. Berikut ini beberapa mitos yang berkaitan dengan malam 1 Suro.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
09:41
04:03
02:45
02:06
03:18
01:35
Viral