Warga dan Pohon Kelor di Sumbawa, NTB.
Sumber :
  • Irwansyah

Manfaat Daun Kelor: Diolah Jadi Sayur atau Kue, Juga Minuman Sehat dan Kosmetik

Sabtu, 20 November 2021 - 10:05 WIB

Sumbawa, NTB - Selain dimanfaatkan sebagai sayuran, daun kelor kini dimanfaatkan untuk aneka olahan yang bermanfaat dan bernilai ekonomis. Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Batu Petinang, Desa Karekeh, Kecamatan Unter Iwes, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, yang mengolah daun kelor menjadi aneka makanan seperti kue, minuman sehat, dan bahkan produk kosmetik.

Tuti Suharti, Manager Bumdes Petinang, kepada tvonenews.com Sabtu (20/11/2021) mengatakan, sejak dulu masyarakat Sumbawa, sudah mengonsumsi daun kelor dan buah kelor sebagai sayur pelengkap lauk untuk makan. Selain memiliki rasa yang khas, daun kelor dipercaya memiliki aneka khasiat untuk kesehatan tubuh.

“Di Sumbawa, daun kelor dan buahnya sudah kita konsumsi untuk sayur sejak dahulu dan turun temurun,” katanya.

Dilanjutkan, seiring berjalan waktu dan beredar informasi apabila daun kelor memiliki manfaat untuk kesehatan yang luar biasa, muncul ide untuk memanfaatkan daun kelor selain untuk sayur. Melalui Bumdes Desa Karekeh, mengolah daun kelor menjadi aneka makanan dan kosmetik.

“Bersama teman teman dan kepala desa, melalui Bumdes kita olah daun kelor menjadi kue seperti puding, brownies, pangsit kelor, kelor celup, tepung kelor, stik kelor, dan juga masker kelor,” Tuti merincikan.

Menurutnya, di bawah naungan Bumdes Petinang, saat ini ada 50 hektare lahan milik warga desa dimanfaatkan untuk menanam pohon kelor dan tersebar di sawah dan kebun warga. 

“Masalah bahan baku kita tidak kesulitan, karena banyak pohon kelor tumbuh di Sumbawa dan ada juga lahan binaan Bumdes kita, jadi stok bahan baku tetap aman,” ungkapnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral