Prihanto (40) bersama karya lukisannya di Desa Bulusurlur, Kecamatan Wonogiri Kota, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah (27/11/2021).
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Usaha Dilibas Pandemi, Penjual Roti di Wonogiri Jadi Pelukis Dengan Menggunakan Solder

Minggu, 28 November 2021 - 09:19 WIB

Wonogiri,Jawa Tengah- Terkena Dampak dari masa pandemi Covid-19 membuat Prihanto (40) seorang penjual roti bakar di Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, terus memutar otak agar tetap bisa menghidupi keluarganya. 

Prihanto,warga Dusun Bulusari RT 001/RW 003, Desa Bulusurlur, Kecamatan Wonogiri Kota ini, harus mampu menciptakan kesibukan yang baru dan bisa memberikan pemasukan bagi keuangan keluarga. Ia menemukan cara dengan mengasah kembali hobinya dalam melukis. Tapi kali ini boleh dikatakan unik, Ia melukis dengan dengan menggunakan Solder.

"Kalau melukis hobi sejak kecil. Dulu melukis di atas kanvas menggunakan pensil. Belajar seni pirografi ini otodidak. Lihat Youtube, beli peralatan, terus saya praktekkan," papar dia.

Bapak dari dua anak ini melukis dengan menggunakan solder. Seni lukis ini biasa disebut dengan Pirografi. Pirografi merupakan seni dekorasi dengan media kayu, tripek dan lain-lain. Lukisan yang dihasilkan berasal dari pembakaran.

Alat yang digunakan untuk melukis cukup sederhana, Prihanto hanya menggunakan solder yang ujungnya ia modifikasi sendiri.

"Ujung solder saya buat gepeng. Media yang saya gunakan untuk melukis triplek," kata dia saat ditemui di rumahnya belum lama ini.

Ia mengaku jika melukis hanya sekedar hobi. Pekerjaan utamanya adalah seorang gitaris orkes campursari dan penjual roti bakar. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
02:15
01:24
01:49
01:41
01:47
Viral