Ratusan toples berisi kue kacang khas Jember siap dijual.
Sumber :
  • tvone - sinto sofiadin

Kue Kacang Khas Jember, Jajanan Jadul Tak Lekang Waktu

Rabu, 1 Desember 2021 - 08:35 WIB

Jember, Jawa Timur- Kue Kacang asli Jember, jajanan jadul ini menjadi salah satu primadona suguhan tamu saat natal, tahun baru dan hari raya lainnya. Tidak hanya suguhan tamu, kue kacang atau biasa disebut kucang ini juga trend untuk hampers atau oleh-oleh kerabat dan handai tolan.

Rasa kucang yang gurih manis asin ini membuat candu bagi siapapun yang menikmatinya. Tak heran jika di kota tembakau ini, banyak home industri kucang. 

Salah satunya home industri kucang, milik Sinta warga Gebang, Patrang Jember. Setiap harinya, Sinta memproduksi 25 kilogram kucang. Namun jika mendekati hari raya dan hari besar lainya, produksi kucang mencapai 250 kilogram perharinya. Proses pembuatannya pun menggunakan cara kuno.

"Kami memproses kucang dengan cara jadul. Semua diproses menggunakan tangan bukan mesin," kata Sinta pada Rabu (1/12/2021).

Menurut Sinta mempertahankan cara kuno dalam proses pembuatan kucang tersebut bisa mempertahankan cita rasa jajanan jadul ini. Setiap prosesnya dilakukan secara handmade.

"Kami menjaga kualitas rasa," tambahnya.

Untuk mencukupi stok pemesanan, Sinta mempekerjakan 20 pekerja yang mayoritas ibu rumah tangga.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:49
01:46
04:06
01:58
01:04
09:13
Viral