Muhammad Nur Rizal (tengah) bersama Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto (kedua dari kiri) dalam Festival Sekolah Menyenangkan.
Sumber :
  • Andri Prasetiyo

Gawat, Kemampuan Literasi Sarjana Indonesia Kalah Dibanding Lulusan SMP di Denmark

Selasa, 21 Desember 2021 - 11:53 WIB

Sleman, DIY - Praktisi pendidikan Muhammad Nur Rizal menyebut pendidikan di Indonesia kalah jauh dibanding negara-negara di dunia. Bahkan selama hampir 20 tahun, kemampuan literasi kita berada di bawah kompetensi minimun.

"Kita tahu hampir 20 tahun menurut Program International Student Assessment kemampuan literasi, fundamental thinking, dan kemampuan memecahkan masalah kita itu hampir 70 persen di bawah kompetensi minimum," katanya dalam Festival Sekolah Menyenangkan di BBPPMPV Seni dan Budaya Yogyakarta, Senin (20/12/2021).

Rizal menjelaskan, data lebih ekstrim lagi menyebut jika kemampuan literasi lulusan sarjana di Indonesia masih kalah dibanding lulusan SMP di negara Denmark. Hal ini berdasarkan data dari OECD untuk tes Programme for the International Assessment of Adult Conpetencies (PIAAC).

"Bahkan ketika dites orang lulusan sarjana di Jakarta itu kita tertinggal sekitar 69 persen di bawah kompetensi minimum dan bahkan lulusan sarjana kita (Indonesia) itu kemampuan literasinya di bawah lulusan SMP di Denmark," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut Rizal, dibutuhkan cara tak biasa untuk mengejar ketertinggalan itu. Salah satunya dengan mengubah pola pikir atau mindset dan paradigma pendidikan yang sudah ada.

"Kita ingin bonus demografi tidak menjadi boomerang demografi makanya penduduknya harus produktif, kreatif, penduduknya harus bisa menemukan versi terbaiknya agar bisa punya syarat-syarat menjadi bonus demografi, dan kami meyakini di gerakan sekolah menyenangkan titik balik inilah yang akan menjadi fondasi bagaimana anak-anak dan siswa-siswa di Indonesia bisa menemukan titik sejarahnya," ucap pria yang juga Founder Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) itu.

Sementara itu Dirjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Wikan Sakarinto mengatakan, pihaknya berencana menerapkan kurikulum baru pada tahun ajaran 2022 mendatang. Saat ini pihaknya tengah menggodok kurikulum yang diberi nama kurikulum prototipe itu agar lebih adaptif terutama untuk jenjang SMK.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
15:57
07:09
02:26
Viral