Seporsi babat gongso matang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Kalau ke Semarang Jangan Lupa Santap Sedapnya Babat Gongso

Rabu, 29 Desember 2021 - 10:53 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Babat adalah bagian sapi yang masuk dalam golongan jeroan. Tentu saja teksturnya alot alias liat dan keras. Namun dengan cara masak rebus yang benar dan lama, babat bisa menjadi empuk dan kenyal, serta bisa meminimalisir aroma jeroan menjadi lebih moderat.

Di beberapa daerah babat bisa diolah menjadi aneka masakan. Misal di Padang bisa menjadi gulai, di Solo bisa jadi baceman, di Makassar bisa jadi isian coto, dan di Kota Semarang nih babat diolah menjadi kuliner khas yang populer dengan nama babat gongso.

Gongso itu resep khas Jawa bagian utara. Terutama di Semarang. Olahan ini memiliki citarasa bawang yang kuat dengan perpaduan kecap manis yang pekat dan cabai rawit yang bisa disesuaikan pedasnya. 

Karena isiannya babat maka disebutlah dengan babat gongso. Tapi pada perkembangannya, isian kuliner ini tidak melulu babat. Tapi ada juga yang minta iso atau usus sapi serta bagian jeroan lainnya sepeti jantung maupun limpa.

Warung makan babat gongso di Semarang banyak dan tersebar di berbagai tempat. Ada yang buka sejak pagi, ada juga yang buka sore.

Yang cukup populer itu warung babat gongso Pak Taman. Lokasinya berada di pojok selatan Stadion Diponegoro. Kira-kira satu kilometer dari pusat kota Semarang Simpang Lima. Warung ini sudah buka sejak tahun 1984. Jadi bisa disebut salah satu yang legendaris di Semarang.

Ada juga warung nasi goreng dan babat gongso Pak Karmin di tepi jembatan Mberok Kota Lama. Ini juga populer terutama bagi orang kantoran dan pelancong yang ingin menyantap nasi goreng babat dan babat gongso.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
00:44
02:01
06:13
08:31
03:29
04:25
Viral