Seporsi mendoan stroberi siap disantap.
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Ada Mendoan Stroberi di Purbalingga, Bagaimana Sensasi Rasanya?

Senin, 10 Januari 2022 - 16:16 WIB

Purbalingga, Jawa Tengah - Anda tentu tahu makanan khas wilayah Banyumas Jawa Tengah yakni mendoan tempe. Ya, tempe dibalut tepung yang digoreng setengah matang, rasanya memang enak. Nah, ternyata, di Purbalingga Jawa Tengah, ada menu baru mendoan, yakni mendoan stroberi. Mendoan ini bisa dinikmati di kawasan wisata Desa Serang, sebuah desa di lereng Gunung Slamet sentra pertanian  stroberi.

Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Purbalingga adalah desa terakhir yang berbatasan langsung dengan hutan lereng Slamet.

Di desa berhawa sejuk ini, terhampar ladang tanaman stroberi, selain tanaman sayur yang ditanam warga. Sudah sejak sepuluh tahun terakhir ini, Serang menjadi penghasil stroberi dan menjadi kunjungan wisata.

"Awalnya sentra pertanian sayur. Lalu ada yang coba tanam stroberi, ternyata tumbuh bagus. Ini kemudian berkembang menjadi daya tarik wisata petik stroberi," ujar Kepala Desa Serang, Sugito.

Saat berwisata menikmati kesejukan udara dan panorama gunung, banyak warga yang menjajakan makanan khas yakni mendoan. Di rest area DLas Serang, berjajar warung-warung makanan yang menjual menu khas ini. Dan yang lebih khas, yakni mendoan stroberi.

"Aneh, pertama kali melihat ada menu mendoan stroberi, karena penasaran kita mencobanya," ujar Budi, pengunjung dari Pemalang, Jateng.

Sama dengan mendoan umumnya, bumbu tepung untuk menggoreng ada ketumbar, bawang putih dan garam. Lalu ditambahkan irisan daun bawang. Sesuai namanya, mendoan stroberi, tentu saja ditambahkan irisan buah stroberi.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:02
07:59
02:28
01:48
06:43
06:09
Viral