Aquascape, Seni Keindahan Bawah Air yang Jadi Hobi Menguntungkan.
Sumber :
  • tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Aquascape, Seni Keindahan Bawah Air yang Jadi Hobi Menguntungkan

Selasa, 11 Januari 2022 - 08:04 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Hobi memelihara ikan di akuarium terus berkembang pesat. Kini akuarium tak lagi urusan memelihara ikan, tapi juga membuat desain sebuah lingkungan bawah air lengkap dengan ikan dan tanaman serta hiasan yang membuat ikan nyaman di dalamnya. Tak hanya itu, tampilan artistiknya sudah enak dipandang.

Hobi ini disebut dengan Aquascape.

Sebenarnya antara akuarium dengan aquascape itu hampir sama, yaitu memakai kotak kaca sebagai media utama. Yang beda, kalau akuarium fokus pada ikan, sedang aquascape fokus pada kehidupan bawah airnya. Di situ ada tanaman, kayu alam, media pasir, hingga kreasi air terjun bawah air.

Ikan yang dipelihara di aquascape juga secukupnya saja dan tidak boleh sembarangan. Dipilih ikan yang tidak punya sifat merusak tanaman sehingga seluruh yang ada di aquascape aman.

"Aquascape ini adalah seni. Ya, seni mengatur tanaman air dan batu. Jadi kita memadukan antara berbagai macam batuan, koral, kayu, dan pasir secara alami, ditambah berbagai tanaman bawah air sehingga menghadirkan kehidupan bawah air yang artistik," kata Denny, perajin aquascape asal Semarang.

Ia menambahkan, aspek teknis pemeliharaan tanaman air juga harus dipertimbangkan. Karena banyak faktor yang harus seimbang dalam ekosistem sebuah tangki akuarium untuk keberhasilan seni aquascape.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral