Tahu bakso bandeng yang padat berisi dan penuh gizi..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Tahu Bakso Bandeng, Kudapan Padat Berisi dari Semarang

Kamis, 13 Januari 2022 - 10:58 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Kuliner Bandeng merupakan salah satu oleh-oleh khas Kota Semarang. Tak cuma bandeng presto yang populer itu, tapi ada juga olahan bandeng yang tak kalah nikmat. Satu diantaranya adalah tahu bakso bandeng.

Makanan ini dibuat oleh pelaku usaha kuliner di kampung Dworowati Kelurahan Krobokan, Semarang Barat. Mereka tergabung dalam klaster sentra olahan bandeng.

Menurut Sugianto, salah satu pemilik UKM bandeng, warga di kampung Dworowati sudah turun temurun mengolah ikan bandeng menjadi berbagai makanan siap santap.

"Yang utama tetap bandeng duri lunak ya. Kemudian setelah melakukan berbagai inovasi dan ujicoba, bisa dibuat banyak variasi makanan yang berbahan bandeng. Antara lain tahu bakso. Nah di Semarang kan biasanya tahu bakso pakai daging ayam atau sapi. Kita coba nih bikin tahu bakso tapi pakai bahan utama daging bandeng, dan ternyata laku," kata Sugianto.

Untuk membuat isian dibutuhkan daging fillet bandeng. Maka ikan yang dipilih harus besar dan gemuk. Semua sisik dibersihkan, bagian dalamnya juga di buang untuk mendapatkan fillet yang  benar-benar putih dan bersih.

"Membuat tahu bakso bandeng ini ada juga manfaat ekonomi lain. Saat difillet, kulitnya tidak dibuang karena bisa kita manfaatkan juga menjadi kerupuk kulit bandeng," lanjut Sugianto.

Daging bandeng yang sudah difillet lalu digiling sampai empat kali. Bumbu-bumbunya ada bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan lain-lain. Semua dihaluskan, daging dan tepung dicampurkan, digiling lagi hingga jadi  adonan bakso bandeng.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
07:30
01:07
03:27
01:35
03:20
01:47
Viral