Panggah bersama ban bekas produk kerajinannya.
Sumber :
  • Tim tvOne - Agus Saptono

Sepi Pentas, Dalang Wayang Kulit di Klaten Beralih Jadi Perajin Ban Bekas

Jumat, 14 Januari 2022 - 10:01 WIB

Klaten, Jawa Tengah – Akibat terdampak masa pandemi Covid-19 yang mengakibatkan sepi tanggapan (pentas), tak membuat Panggah (53), warga Dusun Koripan, Desa Pundungsari, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, yang berprofesi sebagai dalang wayang kulit  berputus asa.

Dalang yang sepi panggilan pentas ini terus berkarya dan berusaha demi menghidupi keluarganya. Ia banting setir menekuni kerajinan berbahan dasar ban bekas.

"Sebelum buat kerajinan, saya melatih anak-anak seni karawitan dan seni pedalangan. Saya merasa sebagai seniman pada masa pandemi ini memang lumpuh. Tapi saya tidak patah semangat dan terus berusaha berkarya seperti membuat kerajinan ini," ujar Panggah dirumahnya, Jumat (14/1/2022).

Ia mengatakan, kerajinan yang sudah dibuat diantaranya pot bunga, pot gantung, aneka hiasan taman, dan mainan anak-anak. Rata-rata dalam sehari ia bisa mengerjakan lima buah kerajinan.

"Bahan baku ban bekas ini saya membeli dari bengkel. Belinya bijian. Adanya berapa ya saya beli. Selain ban mobil ada juga ban sepeda motor," ujarnya.

Panggah mengaku, keahliannya dalam membuat kerajinan berbahan dasar ban bekas tersebut dari belajar sendiri atau otodidak. Alat yang digunakan pun sederhana dan masih manual.

"Ide awalnya, saya naik motor melihat ada ban bekas ditaruh di kebun. Saya lihat kok ada genangan air dan dari pada jadi sarang nyamuk saya ambil. Saya coba, saya belah pakai kater dan ternyata bisa. Setelah itu saya buat kerajinan, sampai sekarang kurang lebih sudah berjalan dua bulan ini," ujarnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:16
09:06
09:00
01:35
02:53
03:01
Viral