Seporsi Sroto Klamud Toyareja Purbalingga..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Segarnya Sroto Purbalingga dalam Sebutir Kelapa Muda

Sabtu, 15 Januari 2022 - 10:57 WIB

Purbalingga, Jawa Tengah - Anda tentu pernah menikmati soto, dan juga pernah meneguk segarnya kelapa muda. Purbalingga memiliki menu unik, yaitu menggabungkan gurihnya soto dan segarnya kelapa muda. Nah, kalau kedua makanan itu dipertemukan, jadilah soto kelapa muda di Toyareja. Bagaimana sensasi menikmati dua makanan ini secara bersamaan?

 

Soto, secara lokal dialek Banyumasan disebut sroto. Warung sroto klamud milik Hadiyah Rubi Wahyuni, berada di Jalan Toyareja, Purbalingga. Memang menyediakan dua makanan berbeda, terpisah, yakni sroto dan kelapa muda atau klamud. 

 

Tetapi, keduanya digabungkan menjadi sroto klamud, yakni hidangan sroto yang disajikan di dalam sebutir kelapa muda. Bahkan mie atau bihun, yang biasanya menjadi campuran dalam sroto, diganti dengan daging klamud yang dikerok memanjang menyerupai mi.

 

Ini memang cara baru penyajian atau  mix-match sroto. Boleh jadi, ini pertama dalam sejarah persotoan nusantara. Ide awal Hadiyah menggabungan sroto dan kelapa muda, adalah saat melihat tayangan televisi tentang kelapa muda bakar.

Berita Terkait :
1
2 3 4 5 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:52
01:10
01:35
01:59
02:00
01:32
Viral