Perwakilan Pondok Pesantren mengikuti Sosialisasi dan Bintek Aplikasi Jogo Santri, Selasa (18/2/2022).
Sumber :
  • Tim tvOne - Syamsul Arifin

Mengintip Aktivitas Berbagai Pondok Pesantren di Demak Melalui Jogo Santri

Rabu, 19 Januari 2022 - 08:58 WIB

Demak, Jawa Tengah – Kabupaten Demak, Jawa Tengah selama ini identik sebagai kota para Wali dengan total jumlah pesantren sebanyak 221 yang menyelenggarakan pendidikan di wilayah ini. 

Salah satu upaya memperkenalkan pondok pesantren secara lebih luas ke masyarakat adalah melalui sosialisasi yang dilakukan dengan menggunakan berbagai media, termasuk penggunaan aplikasi.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak mengembangkan aplikasi Jogo Santri yang merupakan hasil dari program master plan smart city untuk mendorong pergerakan pesantren melalui dunia maya melalui aplikasi tersebut.

“Diharapkan  teman-teman  admin dari pesantren aktif dalam menginput data terkait pesantren masing-masing, baik  sarana  prasarana yang dimiliki, potensi maupun  kegiatannya," kata Harso Gutomo, Kepala Bidang  Informatika dan Persandian, Dinas Komunikasi dan Informatika, pada Sosialisasi dan Bintek Aplikasi Jogo Santri Tahun 2022, Selasa (18/01/22) di Ruang Rapat Dinkominfo Kabupaten Demak.

Harso menjelaskan, dalam aplikasi jogo santri berisi berbagai macam konten diantaranya nama pesantren, lokasi pesantren, dan data pengasuh. Di dalamnya diharapkan dapat menampung  segala informasi terkait pesantren.

Sehingga pada saat diakses masayarakat, akan memberikan informasi perkembangan jumlah pesantren, kegiatan pesantren dan dapat diakses oleh siapapun maupun dari manapun.

"Sehingga informasi yang disampaikan tersebut bisa menjadi informasi publik yang diketahui secara luas oleh masyarakat maupun pihak yang berkepentingan. Informasi dari aplikasi tersebut dapat menjadi jembatan pemerintah dan pesantren,” lanjut Harso.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:40
02:00
02:22
02:28
01:11
03:46
Viral