Satu Porsi Nasi Ruwet.
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Nasi Ruwet, Kombinasi Nasi dan Bakmi Sekaligus Dalam Satu Piring

Rabu, 19 Januari 2022 - 10:36 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Bosan dengan nasi goreng biasa? Kalau iya, anda perlu coba menu yang satu ini. Namanya nasi ruwet. Tapi jangan khawatir. Ini gak bakalan bikin kamu ruwet kok. Justru bisa membuat pengalaman kulinermu jadi lebih berwarna.

 

Nasi ruwet itu bagian dari variasi nasi goreng dan bakmi goreng. Kata penjual nasi goreng Jawa di Semarang, menu ini adalah jalan tengah bagi pembeli yang bingung mau makan nasi goreng atau bakmi goreng. Maka, dibuatlah nasi goreng yang dicampur dengan mie.

 

"Karena nasinya dikasih mie dan ditambah sayuran, maka seperti benang ruwet gitu. Maka muncul istilah nasi ruwet," kata Eko, peracik nasi ruwet di warung Bakmi Jawa Pak Rebi, Jalan Menteri Supeno Kota Semarang.

 

Nasi ruwet bumbu dasarnya adalah bumbu nasi goreng. Yaitu bawang putih, kemiri, garam, dan cabai. Cuma ada tambahan sedikit merica supaya ada citarasa bakmi gorengnya di situ. Jadi, pembuatnya akan memasak nasi goreng lebih dulu yang dicampur kol dan sawi. Setelah setengah matang baru dimasukkan mie dan diaduk-aduk hingga tercampur merata. Lalu, ditambah kecap dan diaduk lagi sampai matang.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:36
06:06
01:05
01:46
02:38
03:57
Viral