Kuliner Wader Liwet ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Dinas Kebudayaan Gunungkidul..
Sumber :
  • Tim tvOne - Lucas Didit

Wader Liwet, Kuliner Rakyat Gunungkidul yang Membuat Keraton Yogyakarta Jatuh Hati

Rabu, 19 Januari 2022 - 13:34 WIB

Gunungkidul, DIY - Wader liwet adalah masakan tradisional pedesaan di Padukuhan Klayar, Kalurahan Kedungpoh, Kapanewon Nglipar, Gunungkidul, Yogyakarta. Meski bagi sebagian orang terbilang menu yang cukup sederhana, namun kuliner khas rakyat ini kini menjadi istimewa. 

Bagaimana tidak, karena cita rasanya, sejumlah pejabat dan tokoh seperti Bupati Gunungkidul hingga GKR Hemas dari Keraton Yogyakarta, sering memesan kuliner ini untuk menu jamuan makan para tamu.

Bahkan belum lama ini, wader liwet ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) oleh Dinas Kebudayaan Gunungkidul. 

Dukuh Padukuhan Klayar, Tedjo, mengatakan, kuliner wader liwet merupakan bagian warisan budaya lokal selama ratusan tahun, atau lebih dari empat generasi hingga sekarang.

"Di wilayah kami memang dialiri Sungai Oya dan sebuah anak sungainya. Jadi keberadaan ikan air tawar sebagai lauk masyarakat memang sudah tersedia sejak dulu," terang Tedjo, Rabu (19/1/2022).

Selain menjadi salah satu menu utama di acara-acara masyarakat Padukuhan Klayar dan sekitarnya, masakan ini memiliki resep bumbu dan cara memasak yang unik dibanding masakan lainnya. 

Berbeda dengan menu-menu yang lain, selain kesabaran, dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk memasak wader liwet ini. 

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:26
01:54
01:18
02:35
02:56
03:32
Viral