Kopi Robusta asal Bogor digemari pecinta kopi dunia.
Sumber :
  • timtvOne - Usep Saripudin

Kopi Robusta Asal Bogor Dinikmati Penggemar Kopi di Malaysia Sampai Belanda

Jumat, 21 Januari 2022 - 15:08 WIB

Bogor, Jawa Barat - Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki banyak varian kopi di dunia. Bagi pecinta kopi, rasa kopi asal Indonesia memiliki citra rasa tersendiri. Salah satu kopi yang diburu oleh penggemar kopi mancanegara, adalah kopi robusta dari Desa Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat.

Udara sejuk menyapa ketika menginjakan kaki di Kampung Gunung Batu, Desa Sukaharja, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Pohon-pohon kopi berjenis robusta menghiasi perkampungan penghasil kopi itu.

Siapa sangka, desa  yang terletak di wilayah timur Kabupaten Bogor ini adalah  penghasil kopi rubusta terbaik di dunia. Nama desa Sukamakmur kian harum di kancah internasional. Kopi robusta Sukamakmur makin dikenal penikmat kopi mancanegara saat sejumlah petani kopi di Sukamakmur mengikuti ajang Amsterdam Coffe Festival.

Menurut Andika Aditisna, Ketua Kelompok Petani Kopi di Kecamatan Sukamakmur, sensasi menikmati kopi kini tengah digandrungi oleh masyarakat. Berbagai jenis kopi dan rasa banyak ditemui diberbagai warung kopi di Indonesia. 

Salah satu jenis kopi yang paling dicari oleh penikmat kopi adalah kopi robusta asal  Kampung Gunung Batu, Kecamatan Sukaharja. "Di Kampung Gunung Batu, memang mayoritas warganya merupakan petani kopi, yang berjenis Robusta,"ucapnya

Rasa yang khas, hingga kopinya yang beraroma wangi ini, menjadikan kopi Robusta khas Sukamakmur digandrungi banyak pihak. 

"Alhamdulilah sekarang pengiriman kopi Robusta Khas Sukamakmur ini, sudah ke Malaysia, bahkan sampai ke Belanda,"jelasnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:36
08:00
01:49
09:04
01:41
02:02
Viral