Para pembeli tengah menikimati es dawet ikan tengiri dan daun kelor.
Sumber :
  • Tim tvOne - Ari Wibowo

Segarnya Es Dawet Ikan Tengiri dan Daun Kelor, Dipercaya Berkhasiat untuk Kesehatan

Senin, 24 Januari 2022 - 18:12 WIB

Kulon Progo, DIY - Es dawet merupakan minuman tradisional.yang telah melegenda di Indonesia khususnya di sebagian besar di wilayah Jawa, minuman segar dari campuran santan dan gula merah ini menjadi salah satu minuman favorit di siang hari, terutama saat kondisi cuaca panas.

Namun bagi yang ingin mendapatkan dawet dengan cita rasa yang berbeda, bisa menjajal menu es dawet segar yang satu ini, Tepatnya di kelurahan Cerme, Kecamatan Panjatan, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cendol dawet di tempat ini tidak hanya dibuat dengan tepung beras saja tetapi dengan campuran daun kelor dan ikan tengiri. Minuman ini tak hanya menyegarkan namun juga berkhasiat bagi kesehatan.

Dawet Iteng Dalor (ikan tengiri dan daun kelor ) ini dipopulerkan oleh Triningsih Puji Rahayu (48), warga kelurahan Cerme , kecamatan Panjatan , kabupaten Kulon Progo, dia mulai berjualan dawet sejak tahun 2010 silam.

"Saya berjualan dawet sejak tahun 2010 silam mas, namun untuk dawet Iteng Dalor sendiri mulai tahun 2021 kemaren, ujar Ningsih

Triningsih mengatakan awalnya hanya menjual dawet berbahan dasar daun kelor, namun lambat laun, dirinya kembali berinovasi dengan menggabungkan dua bahan dasar yakni daun kelor dan ikan tenggiri.

"Inovasi ini muncul saat Dinas Pariwisata Kulon Progo menggelar acara Food Menoreh Festifal pada 2021 silam dan saya ditantang untung membuat kuliner dengan bahan dasar seafood sebagai hidangan santapan di pesisir pantau selatan Kulon Progo," kata Ningsih.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral