Durian Yu Yem dari Kota Semarang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Tidak Hanya Legit Begini Rasa Juara Duriannya Kota Semarang

Selasa, 25 Januari 2022 - 09:14 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Kecamatan Mijen terkenal sebagai pemasok durian di Kota Semarang. Tanah dan iklimnya sangat cocok untuk tanaman durian. Maka tak heran, jika banyak tumbuh varietas durian unggulan di sini. Beberapa di antaranya bahkan menjadi langganan juara di ajang festival-festival durian. Satu di antaranya adalah durian Yu Yem. 

 

Durian Yu Yem Semarang ini, ukurannya tidaklah besar. Tapi isinya jangan ditanya. Warna dagingnya kuning tua, teksturnya padat dan kesat, tebal, berbiji kecil, serta tentu saja rasanya manis dan ada sedikit pahit khas durian lokal.

 

Menurut pemiliknya, Muhammad Kholil, durian Yu Yem merupakan hasil turunan dari pohon durian induk miliknya yang sudah berumur lebih dari seratus tahun. Pohon di belakang rumahnya tersebut berukuran tinggi 30 meter. Untuk mengamankannya ia bahkan memasang penangkal petir di atasnya.

 

Pohon induk yang sudah punya bawaan buah dengan tekstur dan rasa super itu, lalu ia kembangkan dengan cara disilang dengan bibit super lainnya. Hasilnya, ia mendapatkan sepuluh bibit varietas baru yang kemudian ditanam di lahan sekitar satu hektar. Dan hasilnya, pohon-pohon itu berbuah super. Salah satunya si "Yu Yem" tadi.

Berita Terkait :
1
2 3 4 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral