Kolak durian yang manis dan pulen..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Manis dan Pulen, Ini Dia Kolak Durian Khas Singorojo Kendal

Selasa, 25 Januari 2022 - 13:33 WIB

Kendal, Jawa Tengah - Bagi anda penggemar buah durian, bulan Januari ini merupakan waktu yang ditunggu-tunggu. Saat inilah masanya musim durian. Tak hanya buah durian segar, berbagai olahan kuliner dari buah durian pun layak masuk dalam agenda berburu kuliner.

Salah satunya adalah kolak durian. Minuman manis dan legit yang biasanya berisi pisang dan kolang-kaling, saat musim durian diganti dengan durian plus tambahan ketan.

Nah, ada beberapa tempat pilihan di Semarang dan sekitarnya yang menjual kolak durian. Antara lain di sentra durian Desa Kertosari, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, pasar durian Mijen Kota Semarang, sentra durian di jalur menuju Goa Kreo Gunungpati, serta di jalan menuju tempat wisata Kopeng Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Perpaduan buah durian matang dengan gula jawa dan ketan legit, membuat kuliner ini terasa nikmat dan menjadi sajian alternatif dalam menyantap durian

Di Desa Kertosari Singorojo, Kabupaten Kendal, pedagang kolak durian biasanya menyatu dengan kedai buah durian. Mereka memanfaatkan buah durian yang sudah terlalu matang dengan aroma wangi yang kuat untuk dibuat kolak durian.

Bu Sri salah satu pembuat kolak durian menceritakan, ide awalnya adalah karena banyak durian yang sudah terlalu matang sehingga kurang disuka pembeli. Lalu durian ini diolah menjadi kolak.

"Jadi gitu. Kalau durian kematangan, istilah Jawanya kedalon, itu aromanya sangat kuat. Tapi pembeli durian segar sukanya yang matang pas. Ya dibuat kolak saja, jadi tetap bisa laku, dan ternyata pembelinya banyak," kata Bu Sri.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:33
02:09
08:03
01:19
03:36
08:48
Viral