Kue yopia khas Lasem, Rembang, Jawa Tengah.
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Jelang Perayaan Imlek, Pesanan Kue Yopia Khas Lasem Meningkat

Rabu, 26 Januari 2022 - 17:35 WIB

Rembang, Jawa Tengah - Jelang perayaan tahun baru China atau Imlek 2573 yang tinggal beberapa hari lagi, produsen kue yopia di Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, mulai sibuk memenuhi permintaan pasar. Selain itu, produksi dan omzet penjualan pembuat kue yopia khas Lasem ini mulai mengalami peningkatan.

Salah satu produsen kue yopia di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Waras mengaku, dalam sehari mampu memproduksi 500 sampai 600 kue yopia di hari biasa. Namun menjelang Imlek seperti sekarang ini, pesanan kue yopia mengalami peningkatan hingga 20 persen.

"Menjelang Imlek penjualan kue yopia mengalami kenaikan, di hari biasa juga ramai, tapi ini banyak pesenan datang dari lokal dan luar kota, karena yopia banyak di cari untuk oleh-oleh. Satu bungkus kotak kue yopia isi 10 dibandrol harga Rp28.500," kata Waras, Salah satu produsen kue yopia di Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Rabu (26/1/2022).

Waras menjelaskan, kue yopia dibuat dengan bahan baku tepung dan gula jawa. Bentuknya bundar berwarna putih, jika digigit terasa renyah dengan rongga di bagian tengah yang berisi lelehan gula. Gurih legit alami gula jawa dangat terasa kuat, inilah ciri khas yopia.

"Kue yopia ini mirip nopia, namun nopia lebih mungil dengan isian yang padat tanpa rongga. Kue yopia ini merupakan adaptasi kuliner China dan Jawa, Adonan kulitnya diadaptasi dari kue China tetapi isiannya gula jawa," jelasnya.

 


 

Waras menambahkan, dirinya merupakan generasi ketiga penerus usaha pembuatan kue yopia yang pertama didirikan oleh Tan Tjiem Liang pada tahun 1800 -an. Kue ini hanya diproduksi tiap dua hari sekali dan waktu pembuatanyya pun dimulai pukul 02.00 WIB dini hari dan selesai pukul 10.00 WIB.

"Dini hari merupakan saat yang tepat untuk membuat adonan karena udara masih dingin, semua bahan alami tanpa tambahan apapun. Ciri khas kue yopia buatan kami di permukaan kue diberi cap gambar kupu-kupu berwarna merah, sejak dulu tidak pernah berubah," pungkasnya.(Abdul Rohim/Buz).

Berita Terkait :
Topik Terkait
Saksikan Juga
04:10
05:46
01:09
07:09
02:26
00:58
Viral