Nasi Kebuli Jawa, hasil modifikasi resep lokal yang jadi favorit masyarakat Salatiga.
Sumber :
  • Tim tvOne - Aditya Bayu

Nasi Kebuli Jawa Plus Wedang Rempah, Perpaduan Selera Jawa dan Timur Tengah

Kamis, 27 Januari 2022 - 16:49 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Siapa tak kenal nasi kebuli, hidangan nasi dari timur tengah dengan bumbu yang bercitarasa gurih yang dimasak bersama kaldu daging kambing, dan disajikan dengan daging kambing goreng, menjadi salah satu menu favorit masyarakat di Indonesia. 

Di Salatiga, ada sebuah rumah makan yang menyajikan nasi kebuli dengan cara berbeda namun memiliki cita rasa timur tengah yang cukup kental. Namanya nasi kebuli Jawa, dimana nasi kebuli yang dimodifikasi dan disesuaikan dengan lidah orang Jawa. 

" Pada dasarnya nasi kebuli Jawa itu sama dengan nasi kebuli aslinya, cuma ada yang kita modifikasi terutama dalam penggunaan nasi, dimana dalam memasak nasi kebuli Jawa menggunakan nasi lokal dan bukan nasi briyani", ujar Bima Dwi Angga pengelola Rumah Makan Ki penjawi Salatiga, saat dijumpai Kamis (27/1/2022) . 

Selain menggunakan beras lokal, nasi kebuli jawa juga menggunakan lebih banyak bahan rempah lokal. Sehingga meski bercita rasa timur tengah, nasi kebuli Jawa sangat cocok dengan lidah orang Jawa. 

" Untuk penggunaan daging juga kita modifikasi, kita sediakan 2 jenis daging yaitu dengan daging kambing dan daging ayam. Sehingga ada alternatifnya jika pelanggan tidak bisa makan kambing tapi ingin menikmati nasi kebuli, " jelasnya. 

Adinda, salah satu pelanggan yang mencicipi nasi kebuli Jawa mengatakan, meski tidak menggunakan nasi briyani, namun tidak mengurangi rasa nikmat yang disajikan dari nasi kebuli. 

" Meski diganti dengan nasi lokal, tapi saya rasa cocok-cocok saja, karena berasnya dimasak dengan baik sehingga mirip dengan nasi briyani. Dan rasanya lebih cocok dilidah yang sudah terbiasa dengan beras lokal, " ujarnya. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:12
02:15
01:24
01:49
01:41
01:47
Viral