Wedang ronde di kawasan kampus Undip Tembalang Semarang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Wedang Ronde, Dikenalkan Pedagang Cina, Diberi Nama Oleh Orang Belanda

Jumat, 28 Januari 2022 - 11:40 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Dengan aroma dan rasa jahe yang segar dan pedas, wedang ronde banyak disukai mereka yang ingin menghangatkan badan. Apalagi di musim hujan.

Wedang ronde yang khas dengan bola-bola tepungnya itu menjadi salah satu minuman khas di Jawa Tengah. Tapi tahukah anda kalau wedang ronde itu awal mulanya ternyata dari daratan Tiongkok.

Beberapa literatur menginformasikan, bahwa wedang ronde itu berasal dari tradisi warga pendatang Tionghoa di Jawa. Mereka membuat minuman yang biasa dikonsumsi di tanah asal. Yaitu bola-bola tepung dengan campuran kacang, gula, dan roti, serta air jahe panas. Mereka menamainya Tangyuan.

Kemudian, orang Belanda di sini melihat dan tertarik dengan bola-bola yang terbuat dari tepung beras ketan tersebut. Karena bentuknya bulat, orang Belanda menyebutnya rondje, yang artinya bulat manis. Tapi karena lidah orang Jawa saat itu sulit mengucapkan rondje dalam lafal Belanda, maka mereka menyebutnya ronde saja. 

Wedang ronde punya rasa yang manis pedas karena campuran jahe pada air panasnya. Karena itulah warung wedang ronde biasanya buka pada malam hari. Kecuali di beberapa tempat berudara dingin seperti di Salatiga, maupun Bandungan Semarang, wedang jahe dijual sejak siang hingga malam.

Isian wedang jahe banyak macamnya. Tapi yang umum adalah bola-bola ketan, kacang tanah sangan, kolang-kaling, agar-agar atau hunkwee, dan roti tawar. Di beberapa warung ada yang ditambahi pacar cina, tape kering, serta santan atau susu kental manis.

Semuanya dimasukkan dalam mangkok, diberi sirup gula murni, lalu diguyur air jahe panas. Cara meminumnya, yang umum adalah disruput pakai sendok sedikit demi sedikit air jahenya. Setelah agak hangat baru dikudap sebagai mana biasa.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:52
01:15
01:10
11:40
03:35
01:05
Viral