Seporsi sop kepala sapi yang menggugah selera..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Sop Kepala Sapi, Bumbu Rempah yang Kuat dan Sensasi Menggigit Tulang

Kamis, 3 Maret 2022 - 09:47 WIB

Pati, Jawa Tengah - Pada musim hujan seperti saat ini yang terlintas adalah menyantap makanan hangat, salah satunya kuliner berkuah hangat seperti soto ataupun sop. Nah, di Pati Jawa Tengah ada kuliner hangat yang cukup unik, yaitu sop kepala sapi.

Kuliner yang satu ini cocok disantap saat masih hangat, semakin komplit dengan sensasi menggigit tulang menambah asiknya makan sop kepala sapi. Berbeda dengan sop pada umumnya yang menggunakan daging, kuliner ini menjadikan kepala sapi sebagai bahan baku utamanya.

Makanan sop kepala sapi ini merupakan hasil inovasi Agung Sudrahmawan, pemilik rumah makan sop kepala sapi yang berada di jalan Pati – Gabus, Desa Mustokoharjo, Kecamatan Pati Kota, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Ide kuliner ini tercipta agar menu kuliner sop berbeda dengan warung sop pada umumnya, karena selama ini di pati kebanyakan kuliner sop menggunakan daging sapi atau daging ayam.

“Selama ini kan sop itu menggunakan daging ayam atau sapi, lha biar ada sensasi yang berbeda saya punya ide untuk membuat menu sop kepala sapi. Kebetulan kakak saya punya usaha penyembelihan sapi sehingga kepala sapinya bisa saya olah menjadi menu sop kepala sapi ini,” ujar Agung Sudrahmawan, Kamis (3/3/2022).

Agung mengatakan, untuk menciptakan cita rasa yang enak dan bumbunya terasa, sop kepala sapi ini dimasak dengan menggunakan bumbu rempah-rempah yang lengkap, antara lain bawang merah, bawang putih, pala, kemiri dan jahe.

Agar daging yang menempel di kepala sapi terasa empuk dan tidak alot saat dikerokoti (digigit), kepala sapi yang sudah dipotong-potong, di rebus dalam waktu yang cukup lama.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:18
01:54
01:26
01:52
03:14
02:13
Viral