Steam ayam jamu dihidangkan bersama kelapa utuh..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Sedapnya Steam Ayam Jamu yang Dimasak Dalam Buah Kelapa

Kamis, 3 Maret 2022 - 10:47 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Ayam kampung dikenal memiliki tekstur daging yang lebih padat dan rasa yang lebih nikmat, serta bisa diolah dengan bermacam menu. Dari yang sederhana hingga yang istimewa.

Di Semarang ada rumah makan yang mengolah daging ayam kampung dengan resep unik. Bumbunya berupa bahan rempah jamu dan direbus di dalam buah kelapa utuh. Hasilnya, perpaduan rasa yang sangat khas dan bisa membuat badan lebih segar.

Salah satu tempat kuliner yang menyajikan steam ayam jamu adalah rumah makan Kampung Laut Semarang di kawasan Tawang mas pesisir pantai Kota Semarang.

Steam ayam kampung ini bumbunya sederhana tapi beda dengan bumbu biasanya. Yang dipakai adalah rempah jamu, seperti akar alang-alang, pi chi, ang siu, dan waisan. Rempah jamu ini dipercaya bisa membuat badan lebih segar.

"Ini ada bumbu rempah khas Tiongkok seperti pi chi, angsiu, dan waisan. Itu memberi aroma rempah yang beda dengan rempah biasanya. Kemudian kita pakai buah kelapa tua itu untuk mendapatkan rasa gurih mirip santan tapi ini lebih ringan," jelas juru masak.

Proses memasaknya, bumbu rempah jamu ini direbus  bersama-sama. Kemudian ditambah garam dan daging ayam kampung. Diaduk sebentar hingga daging ayamnya lunak.

Lalu daging ayam bersama bumbu-bumbunya dipindahkan ke dalam buah kelapa utuh yang sudah dibuang airnya. Buah kelapa yang dipakai adalah yang sudah agak tua dan berdaging tebal.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
03:28
00:58
06:16
01:54
01:38
10:26
Viral