Sate bandeng..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Gurihnya Sate Bandeng Semarang, Kesat dan Tanpa Duri

Selasa, 8 Maret 2022 - 08:17 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Sate biasanya memakai bahan daging ayam, sapi, kambing, atau kerbau. Tapi di Semarang nih, ada kedai yang menyajikan sate lain dari biasanya. Yaitu sate dari ikan bandeng. Bagaimana rasanya? 

"Enak juga. Yang pasti dari tekstur jelas beda ya. Ini tidak kenyal tapi lebih lembut karena memakai bahan ikan. Rasa juga beda, karena ikan bandeng kan gurih, dan bandengnya itu tanpa duri," kata Priyono, pegawai kantoran yang sedang makan siang di kedai kuliner bandeng di kawasan oleh-oleh Pandanaran Semarang.

Kedai sate bandeng menyatu dengan toko oleh-oleh bandeng Juwana di Jalan Pandanaran Kota Semarang. Ada bermacam menu berbahan ikan bandeng. Salah satunya ya sate bandeng itu tadi.

Bandeng yang dipakai adalah bandeng segar ukuran besar. Lebih dulu dibuang kulitnya dan dicabut durinya, sehingga penikmat akan nyaman menikmati sate bandeng.

"Ukurannya harus yang besar supaya kita mendapatkan fillet daging bandeng yang tebal. Jadi ketika dibuat sate ukurannya juga besar-besar," kata koki kedai Juwana yang membuat sate bandeng.

Daging bandeng dibuat fillet lalu dipotong menjadi kotak-kotak. Setelah itu ditusuk dengan bambu menjadi sate siap panggang. Bumbunya menyesuaikan ya. Beda dengan bumbu sate ayam atau kambing. Sate bandeng berbumbu bawang rempah. 

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
06:43
06:09
03:03
02:36
08:00
01:49
Viral