Pelanggan sedang menikmati garang asem berbalut daun pisang di Wonosobo..
Sumber :
  • Tim tvOne - Ronaldo Bramantyo

Garang Asem Berbalut Daun Pisang, Pedas Segarnya Bikin Ketagihan

Selasa, 29 Maret 2022 - 09:03 WIB

Wonosobo, Jawa Tengah – Aroma daun pisang pun begitu kuat, saat masakan Garang Asem disajikan di meja. Garang Asem ini menjadi sajian yang berbeda, karena biasanya kuliner ini dimasak menggunakan wajan dan ketika telah matang langsung disajikan diatas piring atau mangkok. 

Namun bagaimana rasanya jika semua bumbu Garang Asem dan kuahnya dikukus menggunakan daun pisang? Tentunya akan menggugah selera dan menambah nafsu makan.

Kuliner Garang Asam daun pisang ini bisa ditemui di Rumah Makan Poro Rojo yang terletak di Desa Mudal, Kecamatan Mojotengah, Wonosobo, Jawa Tengah. Cukup 10 menit ke arah utara dari Alun-Alun Wonosobo, lokasi rumah makan ini pun tak biasa karena berada persis dipinggir area persawahan yang jauh dari keramaian kota.

Daging ayam empuk yang dikukus bercampur dengan bumbu garang asem pekat, menjadikan lidah pengunjung bergetar.

Menurut pemilik rumah makan, Warsigit, sajian garang asem miliknya ini memang dibuat berbeda dengan biasanya. Rasa asam sajian tersebut berasal dari bahan alami yakni tomat hijau. Selain itu, untuk menambah cita rasa Warsigit memasukan cabai utuh didalam kuah garang asam.

“Kami memang mencoba hal baru dengan membungkus garang asem dengan daun pisang yang dikukus. Proses pembuatannya pun sederhana, tapi butuh teknik tidak bisa sembarangan, apalagi pengukusannya pun bisa sampai 3 jam,” kata Warsigit.

Untuk menikmati sajian ini, pengunjung cukup membayar Rp15 ribu hingga Rp25 ribu rupiah perbungkusnya, karena ayam yang disajikan pada garang asem ini ada 2 jenis, yakni ayam kampung dan ayam lehor.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:06
02:40
02:12
02:15
01:24
01:49
Viral