Hasil olahan dalam lomba Inovasi Kuliner Berbahan Pangan Lokal.
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Inovasi Kuliner Berbahan Pangan Lokal, Cocok untuk Menu Berbuka Puasa

Rabu, 30 Maret 2022 - 10:46 WIB

Pati, Jawa Tengah - Jelang bulan suci Ramadhan SMA PGRI 2 Kayen dan Pemerintah Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, menggelar lomba inovasi kuliner dengan pemanfaatan dari pangan lokal.

Lomba yang diikuti setiap Desa di Kecamatan Kayen ini bertujuan untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat melalui inovasi kuliner dengan memanfaatkan pangan lokal yang ada di Kabupaten Pati, khususnya di kecamatan Kayen.

Dalam lomba ini peserta diminta untuk membuat camilan atau kudapan dengan bahan ketela ataupun ubi yang diolah menjadi berbagai macam menu takjil saat berbuka puasa.

Ibu-ibu peserta lomba tampak antusias dalam mengolah pangan lokal ini. Setiap Desa di Kecamatan Kayen mengirimkan wakilnya dengan berbagai macam inovasi olahan ketela ataupun ubi.

Salah satu peserta dari Desa Kayen, Ika Inayati, menyambut baik lomba inovasi kuliner dengan pemanfaatan dari pangan lokal ini. Dengan lomba ini dia berharap nantinya bisa ditularkan pada warga di desanya, sehingga di kemudian hari diharapkan bisa meningkatkan perekonomian rumah tangga warga.

“Dengan lomba semacam ini bermanfaat sekali bagi kami dan resep olahan makanan tradisional ini dapat ditularkan ke ibu-ibu lainnya. Sehingga ini bisa jadi peluang usaha rumah tangga,” ujar Ika Inayati, Rabu (30/3/2022).

“Ini kami membuat wingko dari singkong, jadi biar ada variasi kue selain dari terigu. Dan ini bisa dikenalkan ke masyarakat lain sebagai kudapan agar tidak tergantung dengan bahan terigu,” lanjutnya.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:30
00:44
18:55
01:47
02:00
00:49
Viral