Petis bumbon khas Ramadhan di Semarang..
Sumber :
  • Tim tvOne - Teguh Joko Sutrisno

Mencicipi Petis Bumbon, Kuliner Khas Ramadhan dari Semarang

Selasa, 5 April 2022 - 10:51 WIB

Semarang, Jawa Tengah - Kota Semarang, Jawa Tengah cukup dikenal oleh para pecinta wisata kuliner. Karena ibukota Jawa Tengah ini punya banyak sekali makanan khas. 

Nah, ada menu yang hadir untuk memenuhi rasa rindu. Karena menu itu memang ada setahun sekali yaitu di bulan Ramadhan. Namanya petis bumbon.

Tapi jangan bayangkan menu ini berwarna hitam seperti petis pada umumnya. Tapi coklat kemerahan karena berbahan cabai merah besar, rempah, bawang, santan, daun jeruk, dan petis dari ikan banyar. 

Menurut Siti, warga Kampung Bustaman Semarang yang membuat dan menjual petis bumbon, sekilas menu ini mirip sambel goreng. Tapi setelah dirasakan jauh berbeda.

"Kalau petis bumbon itu bahan kuah rempah lebih banyak macamnya. Ada serai, daun jeruk, ajar kunci, daun salam, kencur, dan masih banyak lagi. Dan yang paling beda ada di rasa petis ikan banyar," kata Siti yamg kini menempati di sisi selatan Aloon-Aloon baru depan Masjid Agung Kauman.

Itu adalah kuah petis bumbonnya. Sedangkan isi atau lauknya adalah telur bebek yang direbus bersama petis bumbon tadi, sehingga bumbunya meresap hingga ke dalam telur.

Dengan racikan seperti itu maka petis bumbon punya rasa yang gurih, pedas yang soft, sedikit manis, dan rasa atau aroma petis yang sedang.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
11:01
01:35
03:35
03:51
02:43
03:42
Viral