Basarudin dengan beberapa karya kaligrafinya..
Sumber :
  • Tim tvOne - Sonik Jatmiko

Pria di Banyumas Ini Membuat Kaligrafi Indah dari Lem Bakar

Kamis, 7 April 2022 - 16:03 WIB

Banyumas, Jawa Tengah - Kreasi seni memang tanpa batas. Hanya dengan lem bakar, Basarudin (43) warga Desa Kalisalak, Kecamatan Kebasen, Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, bisa membuat aneka kaligrafi indah. Bahkan, karyanya bisa menembus hingga hingga harga Rp 8 juta.

Ditemui di rumah sekaligus bengkel kerjanya, Basarudin tengah sibuk menyelesaikan pesanan. Tangannya terampil menorehkan lem bakar ke beludru sebagai media kaligrafi.

"Ini ayat kursi lengkap dengan ornamen sudut dan bingkai. Ini termasuk ukuran dan tingkat kesulitan medium," ujar Basarudin. 

Cara kerjanya memang sederhana, tetapi bakal sulit kalau nirtalenta. Lem bakar dipasang di alat pemanas menyerupai pistol. Setelah beludru dibuat pola, lem dioleskan sesuai pola.

"Memang terlihat mudah, tetapi jumlah lem harus sesuai dengan pola. Misal bagian yang meruncing, harus pas ukuran dan ketebalannya," ujarnya. 

Setelah lem tertempel di pola, lalu ditunggu sampai setengah kering. Kemudian ditempelkan dan digosok dengan sejenis plastik berlapis warna emas atau perak. Kaligrafi indah tercipta sudah. 

Basarudin menekuni usaha ini sejak 2008 silam. Semua dilakukan otodidak, tanpa belajar secara formal. Karena memang tidak ada pendidikan formal mengajarkan ini.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
02:06
01:02
00:50
01:52
01:30
00:44
Viral