Es dawet siwalan.
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Segarnya Berbuka Puasa Dengan Es Dawet Siwalan

Kamis, 14 April 2022 - 16:10 WIB

Pati, Jawa Tengah - Berbuka puasa biasanya paling nikmat kalau minum es yang segar, apalagi setelah seharian beraktifitas dengan cuaca yang panas. Es dawet siwalan mungkin bisa jadi referensi, terbuat dari buah siwalan tanpa pemanis buatan, segarnya alami.

Siwalan adalah buah dari pohon lontar yang banyak tumbuh di sepanjang pesisir Pantura Jawa, mulai dari Pati, Rembang,Tuban, Lamongan dan Gresik. Daging buah siwalan muda memiliki rasa yang khas lunak, lembut, kenyal ditengahnya terdapat cairan buah yang segar. Selain dikonsumsi secara langsung, buah siwalan ini juga dapat dikreasikan menjadi minuman yang segar.

Untuk kudapan, warga Pati umumnya mengonsumsi langsung buah siwalan. Namun, saat bulan puasa seperti saat ini, warga mengolahnya menjadi es dawet siwalan untuk takjil buka puasa.

Takjil es dawet siwalan ini sangat disukai karena di hari biasa sangat sulit ditemukan pedagang yang menjualnya.

Salah seorang warga Desa Sugihrejo, Kecamatan Gabus, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, Rubiyati, mengaku setiap bulan Ramadhan selalu membuat takjil es dawet siwalan untuk dinikmati bersama keluarga sebagai takjil buka puasa.

“Setiap puasa selalu buat es dawet siwalan. Rasanya yang khas Rasanya, yakni manis, gurih, legit, dan segar, es dawet siwalan ini sangat cocok dinikmati di saat buka puasa usai seharian beraktifitas di panasan,” ujar Rubiyati, Rabu (13/4/2022).

“Untuk buah siwalannya saya potong kecil-kecil biar anak saya yang masih kecil bisa memakannya. Untuk pemanisnya saya pakai gula aren biar rasanya manis segar alami,” imbuhnya.

Berita Terkait :
1
2 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
01:51
01:11
08:31
01:02
01:08
00:53
Viral