Bubur Kelor..
Sumber :
  • Tim tvOne - Abdul Rohim

Takjil Bubur Kelor, Yummy dan Menyehatkan

Jumat, 15 April 2022 - 13:13 WIB

Pati, Jawa Tengah - Kreasi dan inovasi kuliner dengan bahan dasar dari sekitar rumah banyak yang bisa dikembangan. Salah satunya adalah memanfaatkan tanaman pekarangan seperti daun kelor.

Di Desa Kedungbulus, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, daun kelor dikembangkan menjadi bubur yang disenangi oleh orang dewasa hingga anak-anak. Bubur kelor ini menjadi sebuah alternatif makanan yang tentunya menjadi kuliner sehat yang patut untuk dicoba sebagai takjil buka puasa.

Adalah Muryati, warga Desa Kedungbulus, Kecamatan Gembong, Pati yang berhasil mengolah daun kelor menjadi bubur kelor. Menurut Muryati, ide awal membuat bubur kelor ini karena terinspirasi dengan banyaknya daun kelor di pekarangan rumahnya.

“Saya membuat bubur daun kelor untuk memanfaatkan olahan daun kelor yang banyak terdapat di pekarangan rumah. Selain itu, khasiat daun kelor yang baik bagi tubuh yang menginspirasi saya mencoba membuat bubur dengan bahan daun kelor ini,” ujar Muryati, Jumat (15/4/2022).

Muryati mengatakan, untuk membuat kuliner kelor ini, daun kelor yang sudah dipetik, akan diolah menjadi bubur dengan tambahan pisang, kelapa muda, air gula aren, nangka, mutiara, tepung beras, sirup dan santan.

“Biar ada variasi karena selain bubur beras biasa kita mencoba mengkolaborasikan di dalamnya ada sayuran, buah pisang, nangka, kelapa muda untuk penambah rasa,” katanya.

Proses pembuatannya, sebelumnya daun kelor dipilah terlebih dahulu untuk diambil daunnya saja dari rantingnya. Daun kelor yang sudah dipilah kemudian diblender untuk diambil airnya. Setelah diblender, airnya disaring kemudian dicampur dengan tepung beras. Sebelum api kompor dinyalakan, air kelor dan tepung beras diaduk hingga merata.

Berita Terkait :
1
2 3 Selanjutnya
Topik Terkait
Saksikan Juga
12:57
01:51
06:48
09:30
03:52
01:15
Viral